SEO di Kelas Gratis BRT Network

Belajar SEO itu penting sekali bagi saya yang menekuni kegiatan ngeblog. Karena menerapkan SEO bisa membantu blog semakin bagus dan tulisan yang kita posting bisa bermanfaat bagi pembaca. Oleh karenanya setiap ada kesempatan untuk belajar SEO, saya selalu ingin bisa mengikutinya.

 

Salah satu kelas yang selalu membahas tentang SEO adalah kelas gratis di BRT Network. Kelas itu sudah lama ada, tetapi saya belum berkesempatan untuk bisa mengikutinya. Mengapa? Karena untuk mengikuti kelas tersebut, pesertanya harus memiliki blog dengan nilai DA tertentu yaitu nilainya yang di bawah 15. Sedangkan blog saya tidak termasuk dalam kategorinya. Padahal nilai blog saya istiqomah di angka tersebut. Pernah naik beberapa angka tetapi kemudian turun kembali ke nilai semula. Entahlah, sepertinya harus ada yang saya perbaiki.

 

Mendalami SEO untuk Blog di Kelas Gratis BRT Network

Belajar SEO di Kelas BRT Network

Beberapa waktu yang lalu, BRT memperbolehkan siapa saja yang ingin mengikuti Kelas Gratis BRT Network menggunakan blog selain blog utamanya. Bagaikan pucuk dicinta ulam, saya menyambut pemberitahuan tersebut dengan senang sekali. Yeaaay ... akhirnya saya bisa mengikuti kelas belajar SEO! Dengan menggunakan blog kedua, saya bisa belajar SEO dari pakarnya. Selama ini saya pernah belajar SEO dari beberapa coach, tetapi kelas BRT berbeda, loh!

 

Apa yang membuatnya berbeda?

Ya, di kelas gratis BRT Network pesertanya wajib mempraktikkan semua ilmu yang diberikan oleh coach. Jadi bukan hanya menerima ilmunya saja, tetapi sekalian praktik. Saya senang dengan cara seperti itu. Konon katanya langsung praktik itu adalah pembelajaran yang sesungguhnya. Setuju? 


Secara keseluruhan saya beruntung sekali bisa bergabung dengan kelas gratis BRT Network. Banyak materi SEO yang bisa saya dapatkan dan mesti saya terapkan supaya tujuan saya mengikuti kelas ini bisa tercapai. Supaya artikel-artikel saya seperti Wisata Batu Kuda, Stone Garden Padalarang dan Bangunan Kolonial di Bandung bisa masuk page one.

Berikut ini ilmu SEO yang saya dapat selama kurang lebih 5 hari :

1. Memeriksa Struktur Blog

Hal pertama yang mesti diperhatikan yaitu kelengkapan struktur blog seperti nama blog, deskripsi blog, judul artikel  dan kelengkapan lainnya. Mengapa struktur blog harus diperhatikan? Ya, supaya bisa lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

2. Merapikan Struktur Heading

Susunan heading yang dianjurkan yaitu mulai h1, h2, h3 dan seterusnya. Banyaknya h1 dalam beranda blog seharusnya hanya satu yaitu nama blog kita.  Sedangkan h2 itu adalah judul artikel.

Nah ketika saya periksa ternyata di halaman depan blog saya tidak ditemukan h1. Setelah diperiksa h1 itu hilang karena tertutup gambar header yang saya buat. Setelah dipertimbangkan akhirnya saya tidak menggunakan gambar header supaya h1 saya bisa terpasang kembali.  Padahal saya inginnya memasang gambar di header. Supaya blog saya keliatan bagus dan keliatan khas. Sepertinya saya harus lebih banyak belajar lagi, agar h1 tetap ada meski saya pasang gambar.

3. Parameter SEO On Page

Coach Pewe membagikan materi SEO On Page di kelas gratis BRT Network ini. Mas Pewe memberikan 18 parameter SEO yang harus ada di dalam tulisan yang kita buat. Materi ini penting sekali bagi saya. Karena selama menulis di blog, pengetahuan saya tentang SEO hanya sekedar pengetahuan saja. Namun di kelas yang diampu oleh BRT Network ini, kami peserta harus langsung praktik.Ini yang saya butuhkan. Bisa jadi motivasi untuk terus memperbaiki performa blog saya.

Agar artikel kita bisa optimal seperti blog-blognya para coach yang kece bangeet, setidaknya harus terdapat parameter seperti  berikut ini:

  1. Peletakan keyword di judul artikel. Judul artikel sebaiknya tidak lebih dari 55 karakter.
  2. Keyword sebaiknya diletakkan di awal judul.
  3. Sisipkan juga keyword di permalink. Usahakan panjang permalink tidak lebih dari 75 karakter.
  4. Berikan keyword di meta deskripsi dengan panjang maksimal 155 karakter.
  5. Cantumkan keyword di awal paragraf atau sekitar 150 karakter pertama.
  6. Tidak perlu menulis keyword dengan di bold  italic atau underline.
  7. Susunan h1, h2, dan h3 sebaiknya berurutan.
  8. Sisipkan keyword di h2 dan h3 dalam artikel.
  9. Letakkan keyword di nama gambar. Tulis nama file gambar dengan menggunakan tanda strip (-).
  10. Lengkapi alt di image dan video.
  11. Melengkapi internal link.
  12. Menggunakan LSI keyword.
  13. Jumlah kata dalam artikel yang ditulis sebaiknya lebih banyak dari kompetitor.
  14. Buat paragraf yang nyaman di mata. Tidak terlalu panjang.
  15. Selalu buat bagian kesimpulan di akhir artikel.
  16. Jangan lupa untuk share artikel di sosial media.
  17. Usahakan besar file image tidak besar, sekitar 100 kb.
  18. Selalu melakukan inspect URL di Google Search Console.
Nah itulah 18 parameter SEO on Page yang bisa dilakukan. Bagaimana banyak sekali materi yang harus dipelajarinya, bukan? Nah supaya blog kita semakin bagus dan ramah serta di mata pembaca, semua parameter itu harus kita terapkan. 
 
Belajar SEO on Page di Kelas Gratis BRT Network
 
 
Masih jadi pekerjaan rumah bagi saya untuk mengusahakan agar image yang saya unggah, ukuran filenya tidak terlalu besar. Apalagi artikel saya lebih banyak mengulas tempat tempat wisata dan pengalaman liburan memerlukan gambar yang menarik dan indah dipandang, bukan?

4. Memasang Google Analytics dan Google Search Console

Di kelas belajar SEO ini pesertanya dibimbing untuk memasang Google Analytics dan Google Search Console. Nantinya kedua alat google tersebut yang akan diperuntukan untuk melihat peforma blog. Tidak hanya diajarkan memasang Google Analytics dan Google Search Console, coach Priyo, Mbak Marita, Teh Gilang dan Mas Zen juga memberikan solusi bagi peserta yang mengalami kendala. 
 
Senang sekali bisa berada di tempat belajar gratis BRT Network, semua masalah peserta langsung ditanggapi dengan cepat oleh para coach. Saking banyaknya masalah yang dihadapi peserta dan solusi yang diberikan para mentor, membuat chat di WA grup bejibun, dong! Hehehe. Di tinggal sebentar saja, sudah ratusan chat!

5. Belajar Coding

Satu hal yang membuat saya jadi lebih dekat dengan bagian html blog saya yaitu belajar mengedit coding. Pada awalnya saya pusing dengan kode-kode html, tetapi lama- lama asyik juga.  Apalagi kalau sudah mendapatkan solusinya. Kalau urusan coding, Bang Zen yang lebih menguasai. Sebenarnya banyak istilah baru yang saya dapatkan. Namun karena ingin blog saya bisa lebih baik lagi, saya harus mulai terbiasa dengan istilah-istilah tersebut.
 
Selain Bang Zen, Mas Priyo, Mbak Marita dan Teh Gilang juga turun tangan jika ada peserta yang mengalami kendala. Semua saling membantu. Asyik sekali, deh!

Bagi saya, bantuan semua coach yang ada di kelas gratis BRT  Network sangat berharga. Semua memberi kesan tersendiri. Mas Pewe yang berbagi ilmu penting tentang SEO,  Mas Priyo, Mbak Marita dan terutama Bang Zen juga sangat membantu saya ketika menemukan kode html yang harus diubah.
Terima kasih banyak para mentor, semoga ilmu kalian bertambah berkah. Aamiin! 
 
Belajar coding di Kelas Gratis BRT Network


Kalau kata Mbak Rhoshandhayani, coach di kelas kami itu lebih gamblang dan gak pelit untuk sharing kode html. Ruangan kelas jadi dipenuhi kode html yang bertebaran hihihi.

Sedangkan menurut Mbak Retno bahwa dengan bergabung dalam kelas dari BRT,  kita bisa mengetahui apa yang salah dan bagaimana memperbaiki kesalahan yang ada di dalam blog. Kata Mbak Retno, coach-nya pun keren karena berkenan direpoti oleh peserta kelas. Tempat berkumpul dan bertukar pengalalaman yang asyik, kan? 

Kesimpulan

Saya merasa senang sekali bisa menjadi peserta belajar SEO di kelas BRT Network. Selain bisa menambah pengetahuan tentang optimasi blog, pengetahuan kode html pun jadi lebih bertambah. Berharap sekali bisa terus berada di tempat belajar SEO yang diampu oleh BRT Network ini. Supaya blog saya bisa lebih baik dan bermanfaat untuk banyak orang.

 

Mendalami SEO di kelas gratis BRT Network membuat saya bertambah yakin bahwa langsung praktik itu adalah pembelajaran yang sesungguhnya.

Posting Komentar

80 Komentar

  1. Mantap ilmunya nih. Jadi makin semangat untuk terus upgrade diri ya.
    Semakin banyak belajar, semakin banyak hal yang kita sadari ternyata kesalahan atau kekeliruan kita ini disini...

    BalasHapus
  2. Aku juga seneng mbak belajar SEO bermanfaat bgt supaya trafik postingan kita gede dan bisa di halaman satu google. Gak hanya memperhatikan keyword aja tapi banyak faktor parameter yang harus dipenuhi.

    BalasHapus
  3. Wah..memang keren ya kelas BRT ini..pdhl gratis ya.. mantab betuuul.. Trmksh ya mba sdh berbagi sebagian materi kelas keren ini..

    BalasHapus
  4. daging banget nih materinya. seneng pasti ya bisa belajar langsung dari para pakar

    BalasHapus
  5. Menarik banget ya kelas seperti ini. Sudah gratis tapi ilmunya luar biasa banyak dan itu memang bertujuan untuk memperbaiki performa blog yang kita miliki.

    BalasHapus
  6. wah senangnya bisa ikutan kelas gratisnya BRT NETWORK ya mbak
    Emang blogger mau nggak mau harus belajar teknik seo juga ya mbak
    Selamat belajar mbak

    BalasHapus
  7. Satu hal yang saya sesali karena saya kurang effort buat belajar di BRT. Padahal kelasnya bagus banget. Memang saya kurang menguasai kalo harus kelas online. Pikiran bercabang.
    Btw Zen emang jago soal kode ya. Saya impressed banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun tidak ikut kelas ini karena merasa akan keteteran. Belajar dari artikel para siswanya kelas BRT saja jadinya. Hehehe

      Hapus
  8. Ikut kelas BRT pasti selalu ada hal yang baru
    Kalau sekarang ada belajar coding-coding dikit bareng MasZen (seru walaupun bikin puyeng, hihihi)
    materi yang lainnya so pasti keren bangettt!

    Alhamdulillah ya, masih bisa ikutan kelas ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. senengnyaaa...kalau waktu agak panjang mungkin jadinya kita lalai dan gak mau getol belajar ya. makanya di brt kayak dibatasi gitu waktunya biar kita gak santai2 di dalamnya

      Hapus
  9. Coding itu gampang banget bikin mumet tapi kalau udah berhasil dan jadi ii senengnya bukan main sy pertama ngeblog otak atik html sendiri krna ga mau beli template wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau belum belajar ya tampaknya susah ya. Tapi setelah paham malah akan ketagihan hehehe...
      Mengasyikkan bisa jadi sumber penghasilan malah

      Hapus
    2. aku mending beli di orang aja dah mba minta dicakepin sekalian. daripada utak utek sendiri gak bakal pahaammm wkwk njelimet banget kayaknya yaa.. trus kalo yang gratisan kadang suka ga cocok gitu templatenya

      Hapus
  10. mbaa tulis lagi dong yang banyaak hihi karena aku kemarin gak kebagian kelasnyaa.. sempet ngelist trus gak update lagi dah pas mungkin ada isi2 form

    BalasHapus
  11. Senang sekali yaa, teh...bisa bergabung dan belajar bersama di BRT.
    Para mastah memberikan ilmu yang sangat luar biasa. Dituntut untuk fokus dan mempelajari dengan sungguh-sungguh juga melakukan yang terbaik agar memperoleh hasil yang diinginkan.
    Blog page one dan terbaca oleh google dengan baik.

    Selamat belajar, teteh.
    Terima kasih sudah berbagi ilmu di tulisan ini.

    BalasHapus
  12. waaah gratis nih mba.. asyik banget. Sellau penasaran untuk ngulik - ngulik SEO tapi belum ada waktu untuk belajar lagii

    BalasHapus
  13. Ilmunya daging semua ya mbak. Terutama tentang 18 parameter SEO, ini yang menjadi patokan agar artikel kita di blog terindex google dan bisa masuk page one. Blog ini ibarat tempat kerja kita. Kalau kita ingin terus menghasilkan maka rawatlah blog kita sebaik mungkin. Salah satunya dengan ikut kelas BRT ini.

    BalasHapus
  14. Setelah belajar SEO di kelas BRT NEtwork makin keren nih blognya Mba Nurul, sukses selalu ya untuk mba Nurul dan BRT Netwrk yang berbagi ilmu ngeblog di kelas gratis

    BalasHapus
  15. Makin kece nanti performa blognya mbak Nurul setelah mengikuti kelas BRT gratis ini ya. Meski gratis ilmu luar biasa banget ya, daging semuaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyha bener. saya jd ikutan nyontek tipsnya walau gak ikutan kelasnya.jd bikin paragraf itu gak boleh terlalu panjang ntar yg baca bs sakit mata toh

      Hapus
  16. Pas benar. Struktur tulisan si blog saya jg msh harus banget dibenerin.
    Rasanya harus mulai berani menolak janji dan luangkan full beberapa hari buat ikutan ngebenerin blog

    BalasHapus
  17. H1 dan H3 di blog aku ada yang lompat, hix.. kudu dirapikan lagi nih, soalnya baru ganti template belum diceki-ceki ulang

    BalasHapus
  18. Banyak banget yang di ulas di kelas BRT ya mba. Dan banyak hal juga yang teryata harus aku pelajari. makasih sudah informasikan parameter SEO on Page mba :)

    BalasHapus
  19. Ternyata banyak banget ilmu yang harus diterapkan biar blog dan artikel jadi Seo friendly ya mba, saya juga bersyukur mengikuti kelas BRT ini :)

    BalasHapus
  20. senang sekali bisa dapat kesempatan belajar di Kelas BRT Gratis Desember ini walau daag dig dug tiap saat,, tapi masih tetap semangat kok biar bisa lulus hingga tuntas, udah sampai disini juga kan ya :D

    BalasHapus
  21. Seneng juga tapi setelah menyelesaikan mantap terus keluar folder buildnya. Semangat mbaa!

    BalasHapus
  22. Mesti benar-benar dipraktekin lagi nih cara optimasi SEOnya. Artikelnya informatif banget kak. Salam kenal ya...

    BalasHapus
  23. Saya yang baru memulai belajar ngeblog, kayaknya kalo ikutan kelas gratis ini pasti dapat banyak ilmu yang diterapkan. materinya lengkap banget ya kak. Kasih info kalo ada kelas garis lagi ya.

    BalasHapus
  24. Bikin mupeng ilmunyaa, mau dunk join, new bie di dunia blog soalnya

    BalasHapus
  25. Belajar blogging melalui kelas BRT memberikan pengalaman menarik seperti menambah wawasan SEO dan semacamnya seperti juga komunitas blogger. Kelas BRT keren.

    BalasHapus
  26. Materinya sangat menarik. Ternyata SEO google banyak caranya. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menaikan trafik.. terimakasih kak, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  27. Belajar tentang SEO itu penting sekali untuk performa blog, ya. Jadi ingin ikutan belajar juga. Bisa ajarin, Kak?

    BalasHapus
  28. Pantesan DA blog saya rendah banget, ternyata memiliki blog itu harus dioptimasi bener-bener ya kak. Parameter SEO juga ternyata banyak, waah jadi tertarik untuk ikutan kelas ini deh

    BalasHapus
  29. Sepanjang masih berprofesi jadi blogger, belajar seo itu sebuah kewajiban ya. Karena ngeblog nggak sekadar nulis kan skrg? BeRsyukur teh nurul masih bisa belajar di kelas seo keren ini ya. Itung2 Upgrade skill ngeblog. Sukses ya teh

    BalasHapus
  30. Ilmunya daging semua nih, gratis pula. SEO sangat penting baik itu untuk tulisan di blog atau pun media lainnya. Wajib ikutan nih.

    BalasHapus
  31. Kereen banget kelasnya dan lengkap juga isi artikel bikin mupeng 😀

    BalasHapus
  32. Masya Allah tabarakallah ❤️ mantap sekali ya ilmunya aku pun baru tau nih Teh, makasih ya sharingnya semangat terus belajar nya

    BalasHapus
  33. Duh ternyata harus belajar coding juga ya...iya sih kadang butuh paham tentang ini..hehe...keren Teh rajin dan semangat belajar terus....semoga sukses terus ya :D

    BalasHapus
  34. Masya Allah, keren Teteh. Semangat sekali belajarnya. Baca tulisannya Teh Nurul kok jadi pengen ikutan belajar🤭

    BalasHapus
  35. Daging amat kelasnya Teh. Saya mau ikutan gimana caranya?

    BalasHapus
  36. Mantap banget iniii, aku dah ikutan tahun lalu hihi alhamdulillah kalau boleh dibilang daging wagyu semua ini mah isinya

    BalasHapus
  37. Belajar SEO itu susahkah Teh? Saya ingin juga tuh belajar apalagi gratis, wkwkwk.
    Baru tahu juga tentang BRT Networking ini, bagus ya. Titip salam ya sama timnya🤣

    BalasHapus
  38. Materinya bagus sekali, mba... saya jadi lebih semangat memperbaiki blog. Semangat menulis teman2

    BalasHapus
  39. Bersyukur banget ya bisa dapat kesempatan belajar bersama di kelas BRT ini. Ilmunya memang luar biasa, untuk mengikutinya pun butuh kerja keras dan fokus. Semoga bisa lulus hingga akhir ya, Kak.

    BalasHapus
  40. Alhamdulillah ada kelas SEO yang menambah ilmu dan skill blogger ya, teh. Tinggal konsisten diterapkan supaya jadi blogger sukses 😁

    BalasHapus
  41. Waww tulisannya bermanfaat sekali. Kapan² coba praktek. Makasih sharingnya.

    BalasHapus
  42. Wah, jadi ingat masa lalu pernah ikut kelas BRT juga. Seru dan bikin senam jantung. Yang jelas ilmunya bermanfaat banget..

    BalasHapus
  43. AKu salut banget sama bloggers yang bersemangat belajar SEO :) Di BRT Network ini gratis ya belajarnya, namun harus serius dan mengerjakan tugas2 dengan baik. Keren deh biar mengulik kode2 segala, aku mah ngumpet aja di kolong meja wkwkwkwkwk :D

    BalasHapus
  44. Selalu kagum sama orang-orang yang semangat banget belajar soal SEO dan oprek blog. Soalnya aku termasuk yang males dan pilih instan aja sih, keren emang kelas BRT ini

    BalasHapus
  45. Saya nih sekarang mulai memperbaiki onpage pelan2. Duh PR banget ini. Mana dulu gambar gak pernah dikompres dan gak pake meta deskripsi dll itu. Haha

    BalasHapus
  46. Keren banget teh Nurul sharingnya. Saya jadi ikut belajar nih. Hatur nuhun ya 🤗😍

    BalasHapus
  47. Semangat belajar kakak! Aku dulu alumni kelas Juni. Hasilnya bagus sih jadi paham bikin ijo daleman blog mesti gimana. Mau ikut yg Desember sadar diri lagi repot ama kerjaan. Moga next class ada jodoh kalau diadakan lagi

    BalasHapus
  48. Aku nunggu bocoran ilmu selanjutnya hahaha... pengalaman berharga bisa ikut kelas BRT, semoga next ada lagi..

    BalasHapus
  49. Manfaat dari belajar terus menerus ini penting sekali yaa, teh..
    Dan dengan mempelajari SEO, maka artikel yang dituliskan bisa menjangkau lebih banyak orang dan semoga bisa bermanfaat positif.

    BalasHapus
  50. Senang sekali bisa ikut kelas BRT ini walau menantang tapi seru. Pastinya nambah ilmu dan pengalaman juga :)

    BalasHapus
  51. mantap ya ilmunya, di blog saya masih menulis saja tanpa memperhatikan apapun, apalagi coding nya, jadi ingin ikutan kelas brt untuk memperbaiki kualitas blog

    BalasHapus
  52. ingin memperbaiki blog juga nih, DA gak naik naik, malah kemarin sempat turun jauh, semoga nanti ada batch baru di tahun 2022

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Umimami, saya juga DA gak naik-naik ini dan kemarin malah naik turun dikisaran itu aja hihihi, jadi pensaran pengen ikutan kelas BRT ini lagi. kalau ada tahun depan mau ikutan

      Hapus
  53. Waah makasih udah sharing ilmunya Teh, bermanfaat banget buat aku yang masih perlu banyak belajar hihi

    BalasHapus
  54. Terus belajar dan berkereasi, saya juga slalu belajar utk memperbaiki blog dan ssngat salut bagi orang2 yg semangat belajar.

    BalasHapus
  55. Aku belum pernah ikutan kelasnya tapi baca penjelasan dari Teteh disini lengkap banget, jadi auto nengok blog sendiri masih banyak kurangnya nih aku..

    BalasHapus
  56. Seru memang belajar coding. Jadi kita bisa ngubah template kota dg coding2 yg sesuai keinginan kita. Kaya warna template, font huruf bawaan template dst, plus kl link kita pas copas gak tampil m1.

    BalasHapus
  57. Molly juga mauu banget belajar seo nih di brt network. kapan ya kira-kira ada kelas baru lagi? pengin banget ikutan

    BalasHapus
  58. Saya kok ngeper dulu ya kalau mau ikutan kelas begini. Takut ga bisa huhuhu...padahal kan manfaat bangeeet, Harus memaksa diri untuk ikut...supaya blog semakin baik. TFS mb Nurul..

    BalasHapus
  59. Masya Allah ilmunya daging banget, salut sama coach dan peserta yang selalu mengerjakan tugasnya....hope lain kali bisa ikut

    BalasHapus
  60. Lengkap sekali belajarnya tentang blog di BRT ya mba. Bahkan sampai belajar dan pelajari tentang struktur secara detail dan mendalam

    BalasHapus
  61. Kelas BRT ada belajar coding juga? Makin mantap nih. Kudoain semoga bisa sampai akhir ya, Mbak. Lumayan banget ilmu-ilmunya tuh

    BalasHapus
  62. Semangat ya mbak belajarnya, udah gratis trus nanti bisa update ilmu juga teruatama tentang SEO & memperbaiki blognya ya.

    BalasHapus
  63. Belajar SEO memang harus berkali-kali ya biar makin paham memahami. Saya terkadang lupa kalau pas ngetik nggak mikirin SEO. Pas sudah selain sambil ngedit baru pakai rumus SEO. Enak banget nih di BRT network ada kelas gratis SEO.

    BalasHapus
  64. Menarik ya Mba kelas ini material juga padat dan sangat dibutuhkan oleh para Blogger. Semoga yng ikutan kelas ini mendapatkan banyak manfaat

    BalasHapus
  65. belajar seo itu emang butuh ketekunan ya mbak
    pastinya senang ya bisa ikutan kelas gratis dari BRT Network ini
    pastinya bikin performa blog makin bagus

    BalasHapus
  66. Wah mupeng banget nih kelasnya. Ada lagi kapan nih siapa tau bisa ikutan gabung kelasnya

    BalasHapus
  67. Banyak baca artikel sahabat blogger yang mengikuti kelas SEO BRT dan mulai ikut memperbaiki sedikit demi sedikit. Meski belum dibimbing intensif di kelas BRT bersama masta coach Monic, coach Pewe dan rekan-rekan hebat lainnya, setidaknya mendapat pencerahan dari resume begini.

    Haurnuhun.

    BalasHapus
  68. Semangat belajar mbak! Moga lulus sampai akhir. Aku alumni kelas Juni hasilnya bagus sih makin paham sama blog. Mau ikut kelas Desember lagi banyak kerjaan. Moga jodoh next class deh

    BalasHapus
  69. Good luck Mbak Nurul. Habis wisuda Kelas BRT dijamin blognya makin kece. Performa oke, kerjaan makin lancar. Amiin. materi yang dipelajari banyak juga ya, tentunya butuh effort total.

    BalasHapus
  70. Mulai sekarang 18 parameter ini wajib banget dilakukan... , BRT Network bener2 tempat belajar yng bikin dag dig dug...hehehe

    BalasHapus
  71. Selamat, akhirnya mencicipi kelasnya BRT. Banyak ilmu yang didapat, dengan suasana belajar yang menantang.. Hihi.. Semoga lancar hingga akhir ya...

    BalasHapus
  72. Huhuhu, aku masih nyerah utak Atik blog sama SEO, makanya ga berani ikut2, takut ga bisa komitmen dan konsisten. Ngikut gini harus bener2 sedia waktu & telaten ya. Semangat mba

    BalasHapus
  73. Keren ya BRT ini selalu berbagi ilmu untuk blogger. Saya pernah juga dulu kebagian ilmu gratis dari BRT. Mbak juga keren deh semangat ngeblognya

    BalasHapus
  74. wah sangat bermanfaat, terima kasih infonya ya kak :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar ya...