Selasa, 06 Maret 2018

Wana Wisata Batu Kuda

https://nurulfitridiary.blogspot.com/2018/03/wana-wisata-batu-kuda.html
Wana Wisata Batu Kuda
Wana Wisata Batu Kuda merupakan tempat wisata yang berada di daerah Bandung timur, dekat dengan kediaman mamah mertua. Saya sudah sering mendengar namanya, karena keponakan dan kakak ipar sering kemping di sana. Meskipun sering mendengar tempat wisata bernuansa alam itu, saya sendiri belum pernah berkunjung ke sana.

Ketika Teh Nchie salah satu blogger Bandung yang kondang, mengetahui saya sudah pindah dan tinggal di Bandung timur, Teteh pun mengajak saya untuk bertemu di tempat Wisata Batu Kuda. Karena ternyata, mamahnya Teh Nchie juga ada di kawasan Bandung timur.  
Psst, meskipun saat itu sebenarnya saya belum tahu, di mana letak kawasan wisata batu kuda tersebut, saya menyetujui saja ... Hehehe

Barulah setelah beberapa bulan tinggal di kaki Gunung Manglayang, akhirnya Pak Su mengajak saya dan anak-anak untuk bermain ke tempat perkemahan tersebut. Kesempatan ini tidak saya sia-siakan. Rasanya belum afdol kalau belum berkunjung ke tempat wisata yang letaknya dekat dengan tempat tinggal kita, bukan? 

Baca juga : Berpetualang di Gunung Puntang

https://nurulfitridiary.blogspot.com/2018/03/wana-wisata-batu-kuda.html
Tempat penyewaan alat-alat untuk berkemah
Bumi perkemahan Batu Kuda, benar-benar di luar perkiraan saya. Selama ini saya selalu membayangkan tempat kemah ini, berada di puncak gunung dan jauh dari pintu masuk. Ternyata pengunjung yang hendak berwisata ke wana wisata ini, tidak perlu berjalan jauh untuk mendirikan tenda. Sekitar 200 meter dari pintu gerbang, kita bisa mendirikan tenda untuk menginap.

Biaya untuk masuk ke Wana Wisata Batu Kuda, cukup terjangkau. Bagi pengunjung yang ingin berwisata tanpa berkemah, dikenakan biaya 7.500 rupiah perorang. Sedangkan yang ingin berkemah di sana, dikenakan biaya 10.000. Cukup murah, bukan? Oh iya, biaya parkirnya pun tidak mahal, sekitar 5.000 rupiah saja.
https://nurulfitridiary.blogspot.com/2018/03/wana-wisata-batu-kuda.html
Warung di sekitar tempat masuk Wana Wisata Batu Kuda
Tempat wisata ini, menyediakan beberapa fasilitas yang dapat memanjakan pengunjung. Ada beberapa warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman dengan harga tempat wisata pada umumnya. Di samping kanan dari pintu masuk juga terdapat fasilitas MCK, mushola dan instalasi air yang dapat digunakan oleh pengunjung.
Bagi pengunjung yang tidak membawa peralatan untuk berkemah, tidak perlu khawatir. Tempat wisata alam ini menyediakan penyewaan alat berkemah dan juga hamock. Siapa tahu aja, ada pengunjung yang tadinya hanya ingin berkunjung menikmati sejuknya alam di hutan pinus, ternyata timbul keinginan untuk menginap di bawah pohon pinus, jadi tinggal menyewa aja, ya, kan? 

https://nurulfitridiary.blogspot.com/2018/03/wana-wisata-batu-kuda.html
Tempat penyewaan hamock
Wana Wisata Batu Kuda terletak di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Ujung Berung dan terletak sekitar 20 km dari pusat Kota Bandung. Berada di lereng Gunung Manglayang yang memiliki ketinggian 1818 mdpl. Puncak Gunung Manglayang  sendiri, berada sekitar 3 km dari pintu masuk. Sedangkan  situs Batu Karaton, dapat dilihat sekitar 2,5 km dari gerbang. Ada juga situs Batu Tumpeng yang bisa dikunjungi dengan jarak tempuh 2 km.

Tidak hanya berkemah, di tempat wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat & Banten KPH Bandung Utara ini, juga menyediakan tempat untuk outbond, piknik di alam bebas, serta berkuda mengelilingi area perkemahan dengan harga 10.000 perorang. Memiliki luas sekitar 20 hektar, ditumbuhi pohon pinus, cemara dan kaliandra yang menambah keindahan panorama alam hijau. 

Baca juga : Menembus Kelembapan Tebing Lumut

https://nurulfitridiary.blogspot.com/2018/03/wana-wisata-batu-kuda.html
Berkuda di bawah pohon pinus
Situs Batu Kuda ada, sebelum tersebarnya agama Islam di daerah Jawa Barat. Konon situs tersebut merupakan wujud perubahan seekor kuda tunggangan milik Prabu Layang Kusuma dan permaisurinya Ratu Layang Sari. 

Suatu ketika tunggangan raja itu, terperosok ke dalam lumpur yang dalam saat melakukan perjalanan mengantarkan majikannya. Kuda tersebut terbenam hingga hanya separuh badannya yang terlihat. Setelah sekian lama tidak bisa keluar dari kubangan hitam tersebut, akhirnya kuda itu pun menjelma menjadi sebuah batu. 
Batu yang menyerupai kuda tersebutlah, yang kini bisa ditemukan pengunjung di Wana Wisata Batu Kuda. 

Apakah batunya memang mirip dengan setengah badan kuda? Untuk bisa melihat lebih jelas, silakan teman-teman menilainya sendiri dengan mengamatinya secara langsung. 

Jalan termudah untuk mencapai tempat ini yaitu melalui Jalan Percobaan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Ini merupakan jalur termudah karena kita tidak akan menemukan banyak persimpangan jalan. Dari awal Jalan Percobaan, ikuti terus menuju ke atas hingga ujungnya. Wana Wisata Batu Kuda terletak sekitar 7 km dari jalan raya. Mudah, bukan?

21 on: "Wana Wisata Batu Kuda"
  1. Woow....baru denger noh tempat..seru juga ya bisa berkemah...

    BalasHapus
  2. Saya baru tau ada tempat ini hehehe.
    next bisa ajak anak2 kemping di sini sambiil bisa bermain kuda juga.
    terima kasih untuk informasinya yaa mba nurul :)

    BalasHapus
  3. Ini seperti di Cikole ya mbak? Dulu aku pernah outbond di Cikole jaya giri.
    Bagus banget ya :)

    BalasHapus
  4. Yehhee~~
    Aku kebetulan mau pindah rumah daerah Arcamanik...makin deket kali yaa, teh...sama tempat wisata Batu Kuda ini?

    Pinuuss...
    Ku suka wangi hutan.

    MashaAllah~~

    BalasHapus
  5. Woh baru tahu ada wisata batu kuda, apalagi di hutan pinus gitu. Kalau di sini model baru kaya hewan atau tumbuhan ada. Biasanya dekat sungai dan blm dikelola jd wisata

    BalasHapus
  6. kayaknya main ke sana, piknik terus naik hamock kayaknya seru ya. Aku belum pernah naik hamock soalnya, kepengn naik hamock di tempat asri kayak di sana

    BalasHapus
  7. wahh tempatnya asyik banget untuk liburan akhir pekan mba.. apalagi bisa menginap disana entah pake kemah ataupun pake hammock kan seru banget tuh.. Hawa disana dingin gak mba?
    Btw enggak ada foto batu yang mirip setengah badan kuda mba? kan jadi penasaran nih

    BalasHapus
  8. Tempatnya asyik banget Mbak, kalau di kampungku namanya Mojosemi. Objek wisata di Bandung cakep2 banget. Bikin mupeng

    BalasHapus
  9. hoho ternyata ada lagi tempat menarik ya yang saya ngga tau hiks hiks.. semakin banyak nih list jjs di jabar aja udah banyak banget. Keren Indonesia!

    BalasHapus
  10. Jadi kapaan kita kopdar di sini teeh, trus lanjut ke puncak manglayang eeaa

    BalasHapus
  11. beberapa kali ke bandung tp baru dengar tempat wisata ini
    bisa jadi referensi nih
    tapi itu murah banget ya biaya masuk dan sewanya

    BalasHapus
  12. Bena pernah nih kemcer di sini. Sambil masak2 bahagia gitu. Terus baca ini jadi kangen pengen kemping lagi. Hiks.

    BalasHapus
  13. Wah makasih info wisatanya mbak. Kayaknya menarik nih kapan2 ngajakin anak kemping di sana :D
    Bisa naik kuda pula. Anak2 pasti seneng banget :D
    Ternyata ada sejarahnya juga ya TFS

    BalasHapus
  14. Bandung emang surganya wisata ya...
    Kuliner, belanja..hutan..
    Duh kapan bisa ke Bandung nih he2

    BalasHapus
  15. wah... kuda raja jadi batu. harus datang dan langsung dicek nih apakah bentuknya seperti kuda atau ngga hehehe. Masih bersih nih tempatnya semoga pengelolaannya dapat dijaga terus sehingga pengunjung tetap merasa nyaman

    BalasHapus
  16. Harganya relatif murah ya mba

    Mending sekalian berkemah ya sayang tempat seadem ini ga dimanfaatkan buat kemahan. Hihi.. barangkali nanti kalau ke bandung situs batu kuda bisa jadi slaah satu destinasi ini..

    BalasHapus
  17. Kalau di pohon pinus itu rasanya hawanya tuh wangi banget lho.. Pengen ke sini ih.. Kapan2 kalo ada waktu ke sana dehhh

    BalasHapus
  18. Jadi mupeng pengen camping di sana, selain indah ternyata murmer juga ya. Apalagi ternyata dekat juga dengan lokasi wisata di sekitarnya. Sekali camping dua tiga objek wisata terkunjungi ini.

    BalasHapus
  19. Wahhh kok murah mbak? Sayang kok jauh... Enak tuh kalau anak bisa merasakan naik kuda dengan budget yang murah meriah.

    BalasHapus
  20. aku kira tadi ada di Batu Malang, ternyata perkiraanku salah
    tiketnya murah banget mbak, malah ada persewaan tenda juga, pengunjung bener bener dimudahkan dengan fasilitas yang ada

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar ya...