Tips Sehat dan Kuat Puasa di Bulan Ramadan

Selama bulan puasa biasanya ritme aktivitas kita akan berubah. Selain jam makan yang berubah, pola tidur pun jadi tidak sama. Meskipun banyak aktivitas yang berubah, lebih baik kita menjaga kesehatan tubuh. Berusaha agar tubuh tetap sehat dan kuat menjalankan aktivitas di siang hari. Oleh karena itu sebaiknya kita menjalankan pola hidup sehat.

Tips Sehat dan Kuat Puasa di Bulan Ramadan


Cara Sehat dan Kuat Berpuasa

Puasa seringkali dijadikan alasan untuk tidak beraktivitas dengan maksimal. Alasannya karena berpuasa membuat tubuh lemas, lesu, dan mengantuk. Akibatnya produktivitas pun menurun. Untuk bisa tetap produktif dan sehat selama puasa, berikut ini cara supaya tetap sehat dan kuat selama menjalankan puasa.
 

1. Makan Sahur

Cara pertama supaya kita kuat berpuasa adalah tidak melewatkan makan sahur. Tubuh kita akan memiliki cadangan makanan dan minuman selama seharian berpuasa dengan makan sahur yang baik. Namun tetap harus diperhatikan untuk tidak sembarang makan sahur. Makan sahur harus lengkap dengan karbohidrat, sayur, buah, protein, dan cukup air putih supaya tumbuh kuat selama menjalankan puasa.

Hindari makanan pedas yang bisa memicu timbulnya gas lambung sehingga perut jadi mulas dan mengalami diare. Selain itu hindari juga makanan yang kelewat manis atau asin supaya tidak mudah haus saat berpuasa.

2. Cukup Asupan Air

Supaya tetap sehat dan kuat, tubuh harus terhidrasi secara cukup. Tubuh yang kekurangan cairan akan mudah lemas, lelah, mengantuk, dan tidak semangat beraktivitas. Untuk mencukupi cairan bisa dengan cara minum air putih dengan pola 2-4-2. Maksudnya minum air putih 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam, dan 2 gelas saat makan sahur.

Selain air putih, kita bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan makan sayur berkuah, makan buah, atau jus buah-buahan.

3. Tetap Berolahraga

Berpuasa jangan dijadikan alasan untuk tidak beraktivitas atau berolahraga. Hindari malas bergerak selama berpuasa. Lakukan olahraga agar fisik tetap fit, bugar, tidak mudah mengantuk, dan tetap sehat. Pilihlah olahraga yang ringan seperti jalan kaki, bersepeda, atau senam 30 menit menjelang buka puasa.

4. Kurangi Konsumsi Kafein

Selama berpuasa lebih baik mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein. Kurangi minum kopi, teh, coklat, minuman bersoda, atau minuman berenergi. Kafein ini dipercaya bisa meningkatkan stimulasi pengeluaran cairan tubuh melalui air seni. Jadi lebih baik memperbanyak minum air putih dan ditambah aneka jus tanpa gula untuk asupan serat dan vitamin.

5. Berbuka dengan Asupan Sehat dan Bergizi

Sediakan makanan berbuka yang sehat dan bergizi setelah seharian berpuasa. Jangan makan berlebihan yang bisa memicu perut kembung dan kelelahan. Terlalu banyak makan dan minum juga mengundang rasa kantuk. Jadi sebaiknya makan secukupnya ketika berbuka puasa.

6. Menjaga Pola Tidur

Hindari bergadang dan coba beristirahat lebih awal dari biasanya. Pola tidur selama puasa biasanya berubah karena harus bangun lebih awal untuk menyiapkan makan sahur. Bila perlu tidur siang secukupnya.

7. Konsumsi Vitamin

Bila perlu kita bisa mengonsumsi vitamin supaya tubuh tetap fit dan sehat selama puasa. Vitamin yang bisa dikonsumsi untuk mencegah tubuh lemas yaitu vitamin B12, vitamin D, zat besi, dan kalsium. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui vitamin yang tepat dan sesuai dengan kondisi tubuh.

Itulah beberapa tips persiapan menghadapi Ramadan,  supaya kita bisa tetap sehat dan kuat menjalani ibadah puasa. Semoga kita semua diberikan kekuatan dan kesehatan dalam menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Have a nice day

Posting Komentar

17 Komentar

  1. Saat berpuasa memang harus konsen juga menjaga kesehatan fisik agar nggak mudah sakit. Dan ibadahnya bisa jalan sebulan penuh ya

    BalasHapus
  2. Sahur dg makanan yg bergizi dan banyak minum air putih sih kalau aku. Vitamin juga wajib agar tidak lemas dan tetap semangat.

    BalasHapus
  3. Kemarin sempet hampir tumbang, teh..
    Kepala pusing dan berat banget di bagian punggung. Aku kalo uda gini tuh lemeess banget. Bawaannya pen gogoleran aja gituu..

    Alhamdulillah pas buka ((terpaksa)) minum obat. Jadi, semoga Allah mudahkan untuk melanjutkan ibadah di bulan suci Ramadan ini dan mendapat pahala serta ampunanNya.

    Aamiin~

    BalasHapus
  4. Selama puasa ini, aktivitas menulis saya tidak berubah Mbak. Yang berubah memang pola makan dan pola tidur. Kalau soal makanan tidak masalah. Nah, pola tidur kadang mempegaruhi. Apalagi kalau bangun sahur kecepatan, lalu tidur sejenak, bangun salat subuh lagi, lalu tidur lagi hehehe. Jadi memang saya curi-curi waktu tidur siang sebentar.

    BalasHapus
  5. Olahraga yang sering saya skip di bulan puasa hihi, iya ya harusnya tetap olahraga ringan biar tetap bugar. Coba deh nanti hilangin malasnya

    BalasHapus
  6. harus konsisten mendukung dan menjalankan semua pola hidup sehat agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan nyaman selama sebulan penuh. Jangan lupa untuk tetep olahraga dong ya! biar tetep sehat dan lancar!

    BalasHapus
  7. Setuju bgt kak. Aku jg lagi ngurangin kafein. Bahkan cmn minum teh sekalipun. Biasanya kan aku selalu bnyk minum yg manis, apalagi teh saat berbuka dan sahur. Tp pas pagi, badan jadi lemes krn minum teh tertalu bnyk justru bikin kencing sepanjang hari. Otomatis badan jadi lemes lah. Apalagi kalo kurang minum air putih.

    BalasHapus
  8. pola tidur ini kalau gak dikelola dengan baik memang jadinya bikin gak nyaman kepala, bawaannya ngantuk dan lemas aja gitu deh

    BalasHapus
  9. Tepat banget tips di atas biar puasa kita lancar, badan sehat dan tetap berenergi.

    Dan buat saya, paling penting asupan airnya. Saya kalau siang gampang banget dehidrasi.

    BalasHapus
  10. Selama puasa ini aku belum olahraga nih takut lemes wkwk. Kalo malam juga ga sempet Olga keburu ngantuk. Alhasil abis lebaran baru Olga.

    BalasHapus
  11. bener ini. terimakasih remindernya ya.. aku ngerasa kurang tidur, kurang air minum, tidak berolahraga dan tidak minum vitamin, lalu drop, flu berat padahal baru 5 hari puasa xD

    BalasHapus
  12. Tipsnya bermanfaat sekali ini. Meskipun lagi puasa, olah raga ga boleh lewat ya, Kak. Cuma perlu diperhatikan waktunya yaitu di sore hari menjelang berbuka. Kalau pagi hari langsung terkuras energinya deh

    BalasHapus
  13. godaan selama bulan puasa adalah, berbuka dengan segala macam yang diinginkan, wkwkwkwkwk. padahal jelas gak baik ya. makanya sekarang mah menahan diri deh, better minum air putih dulu dan ngemil buah atau sayuran rebus. abis tarawih baru deh mamam besar, hehehe

    BalasHapus
  14. Waaaa makasih kak sarannyaaa, untuk kafein udah jauuuh berkurang bangett bahkan aku ngga konsumsi kafein sama sekali. tp begitu buka di luar udahlah auto kopi :((

    BalasHapus
  15. Penting banget ya menjaga kesehatan selama bulan puasa biar bisa tetap semangat dan produktif. Pasti akan coba terapkan tips-tips ini supaya bisa menjalani Ramadan dengan lebih baik. Semoga kita semua diberi kemudahan dan kekuatan selama menjalankan ibadah puasa! 💪🌙

    BalasHapus
  16. Wah, kalau saat puasa begini suka skip olahraga nih. Padahal kan penting, ya. Oke deh mulai besok bisa lah jogging sesekali...

    BalasHapus
  17. Puasa itu ibadah fisik
    Tentu saja puasa bisa lancar klo fisiknya sehat ya mbak

    Tips ini sangat membantu

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar ya...