Persiapan Menghadapi Bulan Ramadhan

Apa kabar sobat? Tidak terasa ya, beberapa hari lagi kita akan menghadapi bulan Ramadhan. Bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim karena di bulan suci ini, segala ibadah yang dilakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.
Maka tak heran jika hampir semua orang mempersiapkan banyak hal untuk menyambut bulan suci ini.

Persiapan Menghadapi Bulan Ramadhan

Bersiap Menyambut Ramadhan

Persiapan yang dilakukan oleh umat muslim tidak hanya bersifat materi saja, tetapi juga harus didukung oleh persiapan secara spiritual juga. Bisa dikatakan, semua akan semaksimal mungkin mempersiapkan diri secara jasmani dan rohani untuk menyongsong datangnya bulan suci Ramadhan.

Persiapan yang dilakukan untuk menghindari puasa yang dilakukan tidak percuma. Tidak mendapatkan apa-apa, hanya menahan haus dan lapar saja.

"Banyak orang yang berpuasa namun tidak mendapatkan apa-apa, kecuali lapar dan dahaga." (HR. Ahmad)

Apa saja Persiapan Puasa Ramadhan?

Persiapan menghadapi Ramadhan bisa dimulai dengan berniat dan doa, berusaha untuk meningkatkan ilmu dan wawasan khususnya tentang agama dan menyucikan diri baik bersih diri sendiri, tempat atau lingkungan sekitar.

1.Menyiapkan Iman

Persiapan yang paling pertama dan penting untuk dilakukan yaitu mempersiapkan iman. Menekankan pada diri untuk percaya bahwa semua ibadah yang dilakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat. Persiapan ini bisa dilakukan dengan berlatih mengendalikan diri dari kebiasaan yang tidak baik. Misalnya saja memastikan tidak meninggalkan sholat lima waktu.

2. Melunasi Utang Puasa

Untuk menyambut bulan puasa yang akan datang jangan sampai lupa untuk membayar utang puasa tahun lalu. Bagi beberapa orang yang tidak bisa berpuasa karena sedang haid, sakit, hamil, atau keperluan lainnya, wajib membayar utang puasanya. Jika tidak mampu membayarnya dengan cara berpuasa, bisa dilakukan dengan membayar dengan fidyah. Tentu saja harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

3. Memperdalam Ilmu

Persiapan menghadapi Bulan Ramadhan yang berikutnya yaitu memperdalam pengetahuan tentang agama terutama dari segi ibadahnya. Sebaiknya kita pelajari bagaimana tata cara ibadah yang baik dan benar. Sudah sempurnakah wudhu kita? Bagaimana dengan gerakan sholat kita? Ibadah apa yang sebaiknya dilakukan saat bulan Ramadhan? Nah, selain mempelajari tata cara ibadah kita juga sebaiknya mengetahui hal apa saja yang tidak boleh dilakukan ketika sedang berpuasa.

Memperdalam ilmu bisa dilakukan dengan banyak cara. Menambah ilmu dengan mengikuti pengajian di majlis taklim, membaca buku-buku agama, atau mengikuti forum agama lainnya.

4. Menyiapkan Mental

Mari sambut bulan Ramadhan dengan jiwa dan hati yang bersih dan tulus. Sebelum berpuasa selama satu bulan penuh, bermuhasabah dan bertaubat dengan semua kesalahan yang pernah dilakukan supaya ibadah kita bertambah ikhlas dan khusyu.

Mental kita harus dipersiapkan dengan penuh keimanan dan keikhlasan hati mengharapkan ridho Allah. Kondisi mental yang sudah siap bisa mengatasi rasa malas dalam beribadah, karena berharap mendapatkan pahala yang banyak. Dengan begitu ibadah akan terasa mudah dan menyenangkan.

5. Persiapan Fisik dan Jasmani untuk Menjalankan Puasa

Mulailah menjaga kondisi fisik dan jasmani supaya bisa fit menjalankan puasa. Hentikan kebiasaan begadang dan mengonsumsi makanan tidak sehat. Rutin berolahraga dan mengonsumsi vitamin atau suplemen kesehatan bila perlu. Asupan vitamin dan suplemen mempersiapkan tubuh lebih kuat menjalani puasa dan tidak mudah sakit. Dengan begitu kita bisa kuat berpuasa sebulan penuh.

6. Menyiapkan Kebutuhan Harian

Untuk memudahkan dan tidak mengganggu proses ibadah, lebih baik menyiapkan kebutuhan harian. Dari menyiapkan perlengkapan ibadah sampai kebutuhan dapur. Persiapkan kebutuhan dapur yang akan dibutuhkan seperti sembako dan bumbu masaknya.

7. Membersihkan Lingkungan.

Untuk menambah kekhusyuan ibadah puasa, bersihkan lingkungan sekitar kita. Mulai dari tempat ibadah, rumah dan lingkungan rumah. Beribadah bisa lebih tenang dan khusyu jika lingkungan bersih dan sehat.

Nah, itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika menghadapi bulan Ramadhan supaya bisa menjalankan ibadah dengan maksimal. Mari kita sambut bulan suci Ramadhan dengan penuh suka cita dan semangat dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita terhadap Allah SWT.


Posting Komentar

13 Komentar

  1. Ramadhan tinggal menghitung waktu. Penting banget kita mempersiapkan semua hal seperti diatas terutama persiapan fisik dan jasmani

    BalasHapus
  2. Persiapan fisik rasanya perlu tapi qadarullah, suami dan saya sakit jelang Ramadhan ini ... semoga bisa fit sehari sebelum Ramadhan.

    BalasHapus
  3. Aaakkk, bulan favorit milyaran makhluk di kolong langit segera tibaaaa❤️πŸ’ͺ🀣 Ramadhan tibaa....Ramadhan tibaaaa...

    Marhaban ya Ramadhaaannnn 🎼🎼🎼

    Banyaakkk bgt kenangan indah kalo bicara soal Ramadhan. Salah satunya, kalo rame² Tarawih di Masjid kompleks! Duh, sejak bocil ampe jd emak², eikeh tuh super hepiii bs tarawih dan ((meet up)) ama buibu komplek

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah sebentar lagiii kita ketemu ramadhan ya mba. Duh aku udah nyiapin apa yaa huhu. Rasanya hati masi kotor sekali 😭
    Anak2 antusias banget habis sahur keliling2 sama teman2nya. Semoga bisa maksimal ya ibadah kita dgn menyiapkan segala sesuatunya

    BalasHapus
  5. Aku sih gak ada persiapan yang khusus2 banget paling cuma beberes rumah aja sama dibanyakin stok makanan di kulkas aja biar lebih mudah kalo mau masak hehe

    BalasHapus
  6. Marhaban ya Ramadan. Semoga kita bertemu kembali dengan Ramadan dengan hati, iman, dan fisik yang kuat untuk menjalankan ibadah selama Ramadan. Semoga kita menjadi termasuk orang-orang yang beriman dan bertakwa. Aamiin.. aamiin..

    BalasHapus
  7. Selamat menyambut ramadhaaan... meski tidak turut ibadah ramadhan, tapi aku selalu ikut hepi masuk bulan ini. Ritme hari2 jd terasa lebih slow dan setelah itu libur lebaran. Semoga ibadah puasa teman-teman semua lancar dan berkah.

    BalasHapus
  8. Bismillah,
    Marhaban ya Ramadan.

    Semoga kita semua sehat, bisa menjalankan ibadah shaum di bulan Ramadan dengan lancar dan mendapatkan keberkahan serta nikmat iman dari kehadiran bulan Ramadan kali ini.

    Happy Ramadan 1445 H.

    BalasHapus
  9. alhamdulillah ya tahun ini kita masih diberi kesempatan bertemu ramadan dan beribadah lagi di bulan mulia ini. semoga saja kita smua bisa memaksimalkan ibadah di bulan ramadan ini

    BalasHapus
  10. Ramadhan satu hari lagi,di tengah cuaca yang kurang bersahabat dan banjir mulai banyak terjadi, semoga kita semua bisa bersabar dan menikmati indahnya ramadhan yang tidak datang tiap hari

    BalasHapus
  11. Ramadan mubarak. Selalu antusias menyambut bulan ramadan, anak2 juga semangat nih puasa dan tarawihnya

    BalasHapus
  12. Nah nah jangan lupa hutang puasa yaa.. semangat menunaikan ibadah puasa kak semoga selalu semangatt

    BalasHapus
  13. Selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan mak..semoga segala yang kita kerjaan di bulan suci ini di terima Allah.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar ya...