Manfaat Mengikuti Perlombaan Bagi Tumbuh Kembang Anak

Beberapa waktu yang lalu, kita memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Salah satu momen yang berkesan untuk merayakan hari bersejarah tersebut dengan mengadakan perlombaan 17 Agustus. Hampir setiap daerah di Indonesia menggelar acara lomba untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Perlombaan 17 Agustus biasanya diikuti oleh berbagai kalangan, dari orang tua hingga anak-anak. Semua kompak dan bersama-sama merayakan hari bersejarah dengan gembira. Tujuan diadakannya perlombaan yaitu sebagai bentuk perayaan dan menghormati perjuangan para pahlawan Indonesia.

Manfaat Mengikuti Perlombaan Bagi Tumbuh Kembang Anak

Begitu juga di lingkungan perumahan kami yang antusias merayakan HUT RI dengan mengadakan perlombaan bagi anak dan orang dewasa. Berbagai macam lomba yang diadakan seperti balap makan kerupuk, lomba kelereng, lomba memasukkan pensil ke dalam lubang botol, memindahkan air secara estafet, mengambil koin dari buah pepaya yang dilumuri kecap, dan estafet memindahkan sarung.

Manfaat Bagi Anak Ketika Ikut Perlombaan

Seluruh warga begitu bersemangat mengikuti perlombaan 17 Agustus di daerah tempat tinggal kami. Karena selain bisa mempererat hubungan dengan warga sekitar, perlombaan juga bisa bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Ya, anak-anak bisa mengambil manfaat mengikuti perlombaan yang diadakan. Apa saja manfaatnya? Berikut ini manfaat bagi anak ketika mengikuti perlombaan 17 Agustus.

1. Memupuk Rasa Cinta Tanah Air

Tidak hanya bagi orang dewasa, mengikuti perlombaan juga bisa memupuk semangat mencintai tanah air atau rasa nasionalisme pada diri anak. Melalui kegiatan lomba memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, anak bisa mengetahui tanggal kemerdekaan Indonesia. Selain itu anak juga bisa semakin mengenal sejarah bangsa ketika berjuang mendapatkan kemerdekaan.

2. Menanamkan Moral Baik Bagi Anak

Dalam setiap pertandingan pasti ada aturan yang berlaku. Misalnya dalam lomba balap makan kerupuk, peserta tidak boleh memegang kerupuk saat berlomba. Dengan peraturan tersebut, anak berlatih untuk mengikuti peraturan. Anak juga dikenalkan pada konsep menang dan kalah di setiap perlombaan. Sehingga anak bisa belajar menghadapi setiap kemungkinan yang terjadi di akhir perlombaan.

3. Membangun Rasa Percaya Diri dan Pantang Menyerah

Rasa percaya diri pada anak meningkat ketika mengikuti perlombaan. Mereka juga latihan untuk tekun dan pantang menyerah untuk bisa memenangkan pertandingan.

Manfaat Ikut Perlombaan Bagi Anak

4. Mengasah Keberanian dan Kreativitas Anak

Di dalam mengikuti perlombaan 17 Agustus anak juga diasah keberaniannya. Mereka dipacu untuk berpikir secara cerdas, cepat, cermat dan kritis agar bisa memenangkan lomba. Ketika berlomba mereka juga menggunakan strategi sehingga bisa membuat kreativitasnya terbentuk.

5. Ajang Bersosialisasi

Manfaat selanjutnya yang dapat didapatkan oleh anak ketika mengikuti perlombaan yaitu sebagai ajang sosialisasi. Mereka akan bertemu dengan anak lain dan bekerja sama dalam satu tim untuk mengikuti perlombaan. Anak dapat berlatih cara berkomunikasi yang baik, bergaul dan menghargai pendapat teman yang lain.

6. Mengasah Stimulasi Kecerdasan dan Motorik Anak

Anak yang mengikuti perlombaan, kecerdasan dan kembang motoriknya akan terasah dengan baik. Pada beberapa perlombaan, dibutuhkan koordinasi mata, tangan dan kaki yang baik. Makin sering kecerdasan dan motorik anak distimulasi maka perkembangan kognitifnya bisa semakin cepat.

7. Belajar Berkolaborasi

Manfaat berikutnya sangat erat hubungannya dengan sosialisasi yaitu anak akan belajar berkolaborasi saat mengikuti perlombaan. Pada pertandingan tarik tambang, estafet dan lomba bakiak dibutuhkan kolaborasi antar tim. Sehingga anak dituntut untuk bisa berkomunikasi dan bekerja sama dengan temannya. Anak juga belajar untuk menghadapi kelompok lain secara kompetitif dengan menjadi kolabolator yang baik.

Manfaat Ikut Pertandingan Bagi Tumbuh Kembang Anak

Nah, itulah beberapa manfaat mengikuti perlombaan yang bisa didapatkan oleh anak. Momen perayaan Hari Kemerdekaan yang diadakan setiap tahun ini selain bermanfaat bagi tumbuh kembang anak juga bisa menjadi momen yang berkesan bagi mereka.

Have a nice day

Posting Komentar

23 Komentar

  1. Ada banyak manfaat dari perlombaan, tetapi juga ada beberapa PR yang harus ditanamkan dulu seperti bagaimana menyikapi kekalahan

    BalasHapus
  2. Setuju mba ada banyak manfaat dalam perlombaan yah, anakku loh besok perlombaan 17-an malamnya tuh demam tp paginya kekeuh pgn ikut. Tp bener tekadnya alhamdulilah juara di kelasnya hahaha

    BalasHapus
  3. ternyata banyak ya manfaat perlombaan bagi tumbuh kembang anak-anak

    BalasHapus
  4. Halo Mba Nurul. Dua anakku ikut perlombaan 17 Agustus. Dan keduanya ikut lomba bareng ibu-ibu. Hehehe. Seru dan jadi ajang silaturahmi juga dengan yang lain.

    BalasHapus
  5. Aku setuju sekali kalau perlombaan itu sangat bermanfaat untuk anak - anak, sangat membantu sekali untuk mengasah keberanian dan kreativitas anak. Apalagi bulan kemarin itu ada momen perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, waktu yang pas untuk anak - anak menampilkan diri nya.

    BalasHapus
  6. banyak juga ya manfaatnya. Anak di rumah juga saya izinkan ikut lomba 17-an. yang penting seusianya dan aman. Dan waktu menang lomba di sekolah, dia senang banget.

    BalasHapus
  7. Aku pun termasuk orang tua yang mengikutkan anakku lomba. Karena selain memang melatih kemandiriannya, agar si anak juga berani bersaing. Tapi aku selalu bilang namanya perlombaan itu ada yang menang dan kalah, kalau kalah tidak boleh berkecil hati.

    BalasHapus
  8. Anakku alhamdulilah mulai mau ikut lomba nih mba yg paling kecil 4 tahun. Sedangkan yg anak kdua hanya mau lomba tapi kalau menari di panggung, menolak karena takut sama buibu tetangga yg ngajarin 😆 iyaa momen 17an seru yaa, lomba dan ternyata punya banyak manfaat

    BalasHapus
  9. Banyak banget emang teh manfaat anak-anak klo ikutan lomba, apalagi lomba seseruan macam 17 agustusan. happy pulak, ga ada rasa tertekan karena beneran for fun gitu kan

    BalasHapus
  10. Mantap, au setuju dengan 7 poin dan ulasannya mak, menang kalah kan urusan nanti yah, selain itu anak yang lomba, emaknya juga happy

    BalasHapus
  11. Aku ngikutin anakku juga motivasinya bersosialisasi mbak. Seru2an sama tetangga biar saling kenal dgn lebih akrab. Yg penting happy2

    BalasHapus
  12. Lomba Agustusan begini sebetulnya seru. Tapi, sayangnya beberapa orangtua suka ada yang terlalu serius. Malah kayak gak terima kalau anaknya kalah. Padahal hadiahnya gak seberapa hahaha. Makanya, penting banget untuk mencontohkan ke anak kalau ikut lomba adalah menikmati keseruannya.

    BalasHapus
  13. Aahh, jadi inget masa kecil kalo imut perlombaan 17an gini, si mama suka bawel ngejelasin manfaatnya kalo ikutan lomba.
    Dan, semenjak jadi ibu jadi bener juga tuh hihiii

    BalasHapus
  14. Lomba 17 an nampaknya hal simple dan kayak buat seeru seruan aja, tapi manfaatnya bagi anak banyak banget ya. Salah satunya bikin percaya diri dan meningkatkan saraf motorik pada anak.

    BalasHapus
  15. Anak-anakku walaupun sudah usia SMP dan SMA masih bisa dibujuk buat ikutan lomba 17an hehe biar guyub dengan teman sekompleks dan dapat pengalaman bersosialisasi ya...

    BalasHapus
  16. Seruu..
    17-an membuat yang tadinya gak pernah ketemu, jadi kumpul bareng. Jadi kolaborasi dan ngobrol bareng. Anak-anak juga bersenang-senang dengan teman seusianya. Dan semoga menjadi kenangan indah.

    BalasHapus
  17. Setujuuu, banyak manfaat ikut perlombaan saat Agustus-an buat anak, maka saat sekolah ngadain lomba anakku juga kudukung ikutan beberapa. Seperti saat lomba karnaval kudandanin Jendral Sudirman -pakai baju yang ada di rumah, dan anaknya juga semangat dan seneng banget dia jadi juara 2:)

    BalasHapus
  18. Selain anak-anak senang karena ikut lomba 17-an tuh seru banget, manfaatnya juga banyak ya Mbak buat tumbuh kembang mereka. Apalagi kalau menang, wah makin seneng lagi tuh :D

    BalasHapus
  19. Bener banget semua mba, tapi memang kudu ditanamkan sebelum lomba bahwa menang kalah itu bukan suatu patokan, tapi yang dilihat usaha kita. Soalnya pernah waktu ngajar.. ada beberapa murid saya mgkn ditanamkan bahwa harus menang. Jadi ketika dia kalah, dia ga berhenti menangis. Makanya untuk anak kecil begitu, kami sekolah menyiapkan semua dapat hadiah. Menang kalah tetap dapat hadiah.

    BalasHapus
  20. Ikut lomba menjadi salah satu proses pembelajaran bagi anak ya mbak
    Kalau aku selama anaknya mau, nggak maksa juga sih
    Sesuai potensi mereka

    BalasHapus
  21. nah ikutan lomba memang menjadi ajang yang bikin anak percaya diri - plus bisa berkolaborasi - komunikasi dengan teman atau bahkan kompetitor hahaha

    semangat liatnya nih, semoga jadi pembelajaran indah

    BalasHapus
  22. Iya mengasah keberanian anak juga yah mengikuti perlombaan ini tuh

    BalasHapus
  23. Anakku juga ikutan lomba terus mba dan seneng aja gitu gak berharap menang juga yang penting ikutan dan seru katanya wkwk

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar ya...