Jajanan Kekinian di Bandung yang Enak dan Laris

Sejak dahulu Bandung sudah terkenal dengan berbagai hal yang banyak diminati wisatawan. Mulai dari tempat wisatanya yang menarik, masyarakatnya yang asyik, adat istiadatnya yang unik, atau kulinernya yang enak dan banyak diminati oleh penyuka wisata kuliner.

Kota Bandung sebagai surganya kuliner enak dan jajanan tradisonal khas telah menyediakan beragam varian menu kuliner di setiap sudut kota. Bagi penikmat makanan kekinian yang sedang hits dan enak bisa menjelajahi ragam kuliner yang ada di Bandung.

Jajanan Kekinian di Bandung yang Wajib Dicoba


1. Seblak

Penyuka makanan asin, pedas dan segar pasti sudah tidak asing dengan seblak. Makanan kekinian yang saat ini banyak diperbincangkan karena sempat diviralkan oleh banyak seleb dan influencer. Di Bandung jajanan yang satu ini hampir selalu tersedia di tempat kuliner. Dan ada salah satu seblak yang terkenal di Bandung yaitu seblak Teh Ida.

Lokasi seblak Teh Ida berada di Jalan Braga Bandung. Meskipun tempat jualannya berada di dalam gang sempit, namun selalu ramai dengan para pecinta seblak. Seblak Teh Ida sudah ada sejak hampir 10 tahun yang lalu.

2. Kue Balok

Jajanan kekinian yang terkenal di Bandung berikutnya yaitu kue balok Kang Didin. Jajanan jadul ini telah bertransformasi menjadi kue kekinian. Pada umumnya dijual di kedai yang cocok untuk tempat nongkrong dan ngobrol bareng saat sore atau malam hari, bahkan di pagi hari. Kue manis ini masih digemari bahkan jadi jajanan hits di kalangan muda Bandung.

Jika dahulu kue balok disajikan tanpa toping, kini kita bisa menemukan berbagai macam toping untuk melengkapi rasa kue balok. Varian toping yang bisa kita pilih seperti keju, cokelat, kismis, kacang, selai strawberry, selai nanas, selai blueberry, tiramisu atau green tea.

Selain rasanya yang enak dilidah, kue balok ini harganya pun terjangkau. Kisaran harga kue balok yang ada di Kota Bandung yaitu antara Rp. 2.500 hingga Rp. 5.000. Bagi sobat yang ingin mencicipi kelezatan Kue Balok Kang Didin, bisa mengunjungi kedainya di Jalan Abdul Rahman Saleh no. 52 Cicendo, Kota Bandung.

Kue Balok Kang Didin Jajanan Kekinian di Bandung
sumber gambar: travelingyuk

3. Bakso Cuanki

Jajanan bakso yang paling sering ditemui di keramaian di Bandung yaitu bakso cuanki. Bakso yang satu ini banyak disukai karena rasanya yang gurih dan melezatkan. Salah satu kedai bakso cuanki yang terkenal di Bandung adalah Tjuankie Stasiun. Lokasi tempat jajan ini berada di Jalan Kebon Kawung No. 6

Bakso Tjuankie Stasiun memiliki kuah yang gurih karena berasal dari rebusan daging sapi yang dimasak lama hingga menghasilkan kuah kaldu yang orisinil. Isian baksonya juga lengkap, yaitu bakso urat, siomay kering, tahu dan kerupuk. Yang membedakan Tjuankie Stasiun dengan bakso cuanki lainnya, di sini ada tambahan daging tetelan yang biasa ditemui di mie kocok. Tambahan daging tetelan inilah yang menambah kelezatan dari Tjuankie Stasiun. Jangan lupa untuk menambahkan sambal daun jeruk untuk rasa yang lebih segar.
Bagi yang belum merasa kenyang, bisa juga loh, menambahkan mie instan yang sudah disediakan.

Pemilik usaha Tjuankie Stasiun ini mengaku telah melakukan riset tentang bakso cuanki selama kurang lebih 3 tahun supaya usaha kulinernya tersebut bisa diterima oleh masyarakat.
Harga bakso Tjuankie Stasiun Bandung mulai dari Rp. 16 ribu hingga Rp. 24 ribu dengan tiga pilihan menu seperti Cuanki Polos (tanpa tetelan), Cuanki Spesial Stasion (SS), dan Cuanki SS ½ porsi.

4. Odading Mang Oleh

Odading Mang Oleh ini sempat viral dan diburu oleh warga Bandung dan wisatawan. Masyarakat menjadi penasaran dengan odading ini setelah direview oleh Ade Londok dengan caranya yang unik. Odading Mang Oleh disajikan di atas gerobak biru muda dengan tulisan “Cakweh & Odading Nusa Satu – Pak Soleh”. Lokasi jajanan ini berada di Jalan Baranangsiang, di samping Gedung Kesenian Rumentang Siang.

Pembeda odading dan cakwe Mang Oleh dengan jajanan sejenisnya yaitu ukurannya yang lebih besar. Kue odading dan cakwe Mang Oleh diberi harga Rp. 1.500 per buah.

5. Batagor Depan Sekolah

Jajanan Khas Bandung yang juga terkenal enaknya yaitu batagor. Baso tahu goreng ini merupakan kuliner yang memadukan gaya makanan Indonesia dengan hidangan Tionghoa. Salah satu batagor yang kekinian yaitu Batagor Depan Sekolah.

Pemilik usaha kuliner ini adalah Wendi dan Yemima yang terinspirasi membuat jajanan yang lebih kekinian dan higenis. Dinamakan Batagor Depan Sekolah karena Wendi yang memiliki kenangan batagor depan sekolahnya yang legendaris.

Nilai tambah yang diusung oleh Batagor Depan Sekolah ini adalah kemasannya yang unik. Jajanan Bandung ini dikemas menggunakan box yang praktis. Selain kemasannya yang unik, batagor viral ini juga menyediakan varian saos yang diberi nama unik. Saos yang disediakan ada bumbu jagung, balado kering, nyantai (saus mentai), nyuka (saus asam manis pedas), dan nyambel (saus kacang dan sambal goang).

Bagi sobat yang ingin mencicipi Batagor Depan Sekolah, bisa mengunjungi outletnya di Jalan Pendawa no.2, Arjuna dan Jalam mekar Utama No. 117, Mekarwangi, Bandung. Outletnya buka dari Hari Senin hingga Sabtu, mulai jam 8 pagi hingga jam 8 malam.

Batagor yang viral dan kekinian di Bandung
Ilustrasi batagor

Bagaimana rekomendasi jajanan yang kekinian dan enak di Bandung? Cukup menggiurkan, bukan? Jadi jangan sampai terlewatkan untuk mencicipi kuliner kekinian yang ada di Bandung, ya! Boleh juga dibaca artikel tentang jajanan tradisonal Jawa Barat, sebagai referensi ketika mau berburu kuliner.

Tidak hanya 5 jenis saja, jajanan kekinian di Bandung masih banyak lagi, loh! Apakah sobat juga punya rekomendasi jajanan kekinian yang enak dan laris di Bandung? Yuk sharing di kolom komentar!



Have a Nice Day

Posting Komentar

17 Komentar

  1. Ya ampun ini mah jajanan kesukaan aku semua wkwkwk apalagi kalau lagi mudik ke Bandung, aku jarang makan nasi karena tiap hari jajan melulu ky gini

    BalasHapus
  2. Kalau favoritku selalu cuangki dan batagor, setiap ke Bandung gak boleh absen ini sama kedua makanan tersebut. Kadang suka aku beli untuk dibawa pulang ke Jakarta.

    BalasHapus
  3. Dari kelima jajanan khas bandung ini, baru Batagor saja yang sudah pernah (dan sering) saya nikmati mbak, yang lainnya belum pernah.

    BalasHapus
  4. Kalau ke Bandung daku sukanya cari batagor karena memang seenak itu daripada jajanan lain. Kalau kuenya cari roti bolen Kartika Sari

    BalasHapus
  5. Jajanan di Bandung enak-enak ya dan bikin ngiler semua, asli selama di Bandung aku banyak jajan dan pengen ke Bandung lagi deh jadinya. Jajanan di atas bakal aku cobain deh.

    BalasHapus
  6. justru odading yang belum pernah kuicip kalo pas lagi ke bandung, selebihnya udah hehehe

    BalasHapus
  7. Saya agak roaming dengan kue balok dan bakso cuanki. Akhirnya googling sebelum lanjut baca dan akhirnya berkomentar. Hihihihi. Secara umum di sini ada juga dengan nama beda atau hanya agak mirip. Dan saya suka semuanya.
    Semua yang direview di sini pastilah istimewa dan harus dicoba saat ke Bandung.

    BalasHapus
  8. Laper bacanya...hahaha, kesukaanku semua nih, kalau ke Bandung ga boleh terlewatkan jajanan kekinian ini. Lebih pilih njajan daripada makan berat kalau ke Bandung akutuuu

    BalasHapus
  9. Serius dehhh kalau ke Bandung pasti mampir buat makan seblak. Di sini kadang kalo zonk dapetnya ngga enak. Kayanya wajib nyoba seblak The Ida di Braga nih. Cuanki juga bikin ngiler deh. Aku belum nyoba Tjuankie Stasiun, kayanya gurih deh ada rebusan daging yang bikin kaldunya makin berasa.

    BalasHapus
  10. Ini semua jajanan favorit aku teh. Paling ga bisa klo ga jajan salah satu dari ini. Makanya berat badan aku cepat naik nih hehe

    BalasHapus
  11. Jadi pengen ngerasain namanya bakso cuangki langsung dari Bandung. Apakah rasanya sama dengan yang biasa aku makan di sini

    BalasHapus
  12. Aku kangen banget makan cuanki Mbaa...Lupa, dulu aku sering makan cuanki di daerah mana ya? Enak banget deh...ada nggak cuanki serayu?

    BalasHapus
  13. Lagi kangen banget sama Batagor, teh..
    Tapi semua jajanan Bandung aku sukaa.. Bukan karena aku uda tinggal di Bandung, tapi karena memang jajanan orang Bandung tuh menurutku simple, tapi bumbunya unik, gitu yaa..

    Kayak seblak kan bumbu kencurnya kuat banget.. Nah, ini buat orang Surabaya ((mamah papah mertua)) aga aneh. Tapi aku doyan banget. Bumbunya juga bikin sehat badan.

    BalasHapus
  14. Kalau ke Bandung aku juga suka cari Batagor. Soalnya batagor bandung enak-enak dan mudah juga carinya. Hampir setiap sudut kota kayanya ada batagor, begitu juga depan sekolah sering lihat mamang batagor.

    BalasHapus
  15. Aku kalau ke Bandung itu jajaaaaan terus wkwkwk. Batagor salah satu jajanan wajib yang memang aku suka, terus kue balok itu juga wajib deh karena enaaak banget

    BalasHapus
  16. Aku suka beli Batagor di Bandung kalau lagi diinas, tapi minta yang goreng setengah matang biar bisa masuk kulkas/freezer hehe

    BalasHapus
  17. Bandung itu benar-benar surganya makanan deh. Kayaknya di Bandung itu gak ada makanan yang gak enak. Bahkan tak jarang jajanan kaki lima justru jauh lebih enak dibanding restoran. Kalau ke Bandung, satu makanan yang tak pernah luput ku beli adalah batagor. Entah kenapa rasanya beda lho batagor di Bandung dengan tempat lainnya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar ya...