Ciri Khas Kuliner Jawa Barat yang Wajib Dicoba

Ketika berkunjung ke suatu daerah, apa yang menjadi daya tarik untuk dicoba? Tentu saja mengunjungi daerah wisata yang menarik dan terkenal dengan keindahannya. Selain itu jangan lupa untuk mencicipi makanan khas dan jajanan khas daerah tersebut.

Begitu pula ketika sobat mengunjungi Jawa Barat. Selain menikmati berbagai tempat yang menarik, jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi makanan dan jajanan khas Jawa Barat. Ada berbagai ragam kuliner yang lezat dan wajib dicoba.

Yang menarik dari berbagai makanan yang ada di setiap daerah yaitu ada ciri khasnya masing-masing. Ciri khas yang biasanya tidak ditemukan di daerah lain dan dianggap unik oleh sebagian orang. Termasuk kuliner Jawa Barat yang memiliki ciri khasnya tersendiri. Ciri khas makanan orang suku Sunda ini tidak hanya tersedia di rumah-rumah tetapi juga tersedia di restoran tradisional dan modern, serta di warung makan.
Mari kita bahas beberapa ciri khas dari masakan Sunda yang lezat, menarik dan wajib dicoba!

1. Makanan Disajikan dengan Menu Lengkap

Makanan khas Sunda dikenal memiliki konsep family set atau paket menu lengkap untuk keluarga. Jenis makanannya tidak hanya satu atau dua jenis. Hidangan disajikan secara lengkap dari nasi, lauk pauk, sayuran, dan minuman.

Begitu juga dengan porsinya. Kuliner khas Jawa Barat biasanya disajikan dalam ukuran besar, seperti nasi yang disajikan dalam bakul atau kastrol, dan lauk pauk yang banyak. Misalnya nasi timbel yang disajikan dengan berbagai lauk pauk, lalapan, sambal, sayur asem dan tahu tempe.

Konsep makan dengan menu lengkap ini banyak ditemui di rumah makan Sunda. Banyak di antara tempat makan itu menyajikan konsep tempat makan di dalam saung-saung. Setiap saung bisa diisi oleh enam hingga delapan orang, bahkan lebih.


2. Sayuran Mentah

Yang membedakan kuliner Sunda dengan makanan daerah lainnya yaitu sayuran mentah sebagai lalapnya. Sayuran yang biasa disajikan dalam keadaan segar dan mentah seperti kacang panjang, selada bokor, daun kemangi, mentimun, kol, dauh pohpohan, terong bulat, dan sayuran segar lainnya. Selain untuk lalapan, sayuran mentah juga dijadikan bahan untuk karedok. Isi dari karedok terdiri dari kacang panjang, mentimun, kol, leunca, yang dicampur dengan bumbu kacang.

Lalap sayuran mentah khas Jawa Barat

3. Cita Rasa yang Asam dan Pedas

Rasa makanan Jawa Barat memiliki khas bercita rasa asam dan pedas. Masyarakat Sunda sering mengombinasikan dua rasa tersebut dalam satu hidangan. Rasa asam dan pedas terasa menyegarkan bila dinikmati bersama keluarga dan teman-teman.

4. Berbahan Dasar Ikan

Sebagian besar masyarakat di Jawa Barat menyukai ikan. Ada berbagai makanan tradisional Jawa Barat yang terbuat dari ikan dan sayuran. Oleh masyarakat, ikan diolah dalam bentuk pepes, bakar atau goreng. Ada juga ikan yang diolah menjadi ikan asin. Menu ikan asin merupakan lauk pauk yang sering tersedia di berbagai hidangan khas Sunda. Acara makan akan lebih lengkap apabila bisa menyantap ikan asin dengan sambal dan lalapan sayuran.

4. Jenis Makanan yang Difermentasi

Ciri khas kuliner Jawa Barat selanjutnya yaitu terdapat berbagai makanan yang difermentasi. Adapun jenis makanan fermentasi yang terkenal di Jawa Barat yaitu peuyeum Bandung, tauco, oncom, tape ketan, dan terasi Cirebon.

5. Dibungkus dengan Daun Pisang

Tidak hanya jajanan tradisional Jawa Barat yang biasa dibungkus dengan daun pisang. Makanannya juga dikemas khusus menggunakan daun pisang. Aroma yang ditimbulkan dari daun pisang sangat menggugah selera.

Sajian Jawa Barat yang biasa dibungkus dengan daun pisang yaitu nasi timbel, nasi bakar, pepes, papais, buras, bugis, lemper dan sajian lainnya.

nasi timbel makanan khas jawa barat

6. Masakan dengan Kuah Bening

Satu lagi yang jadi ciri khas kuliner Jawa Barat yaitu masakannya menggunakan kuah bening. Meskipun penampilan kuahnya bening pada beberapa menu masakan, rasanya gurih dengan rempahnya yang kuat dan nikmat. Rempah yang biasa digunakan pada kuliner Jawa Barat yaitu lengkuas, daun salam, jahe, sereh, bawang dan kaldu yang berasal dari daging.

Nah itulah ciri khas kuliner Jawa Barat yang lezat dan wajib dicoba. Menggunakan bumbu yang terpadu sempurna, teknik memasak yang unik dan turun menurun, dengan bahan baku lokal. Kuliner khas Jawa Barat ini menjadi salah satu bagian dari kekayaan kuliner Indonesia yang wajib dilestarikan.

Yuk, datang berkunjung ke daerah Jawa Barat dan jangan lupa menikmati kulinernya yang khas!

Have a Nice Day

Posting Komentar

14 Komentar

  1. bagi kami orang sunda, makan kalau belum ada lalapan dan sambelnya terasa belum lengkap hehe. dari daun singkong, pepaya sampai pucuk daun jambu mete bisa jadi lalapan yang enak banget

    BalasHapus
  2. nahhh bagian makanan di fermentasi bikin aku suka banget sih. peuyeum Bandung di makan begitu aja udah enak sih, tauco sedep mantep, oncom dibikin tutuq oncom udah sedap, tape ketan dicampur es, dan terasi Cirebon dibikin sambaallll... aaaaaaaa

    BalasHapus
  3. Karedok, sampai sekarang belum bisa suka dengannya. Mending gado-gado 🤭. Selain karedok, hampir semua makanan sunda suka

    BalasHapus
  4. Saya kalau makanan khas Jawa Barat kurang suka di bagian sayuran mentahnya hehehe ... tapi kalau nsi yg dibumbui itu saya suka. Bakso aci, bakso cuanki, itu suka banget malahan.

    BalasHapus
  5. Paling suka makan di rumah makan sunda dengan berbagai menu set tradisional bikin menggugah cita rasa untuk makan - makan terus.

    BalasHapus
  6. Aku kalau ke rumah makan Sunda favoritnya selalu pepes sama lalapan, duh kalau sudah makan ini bisa nambah berpiring-piring. Pepes di rumah makan Sunda tuh bumbunya medok banget, nikmaaattt....

    BalasHapus
  7. makanan sunda emang terkenal enak-enak ya maka gak heran cabangnya ada dimana-mana, apalagi jajanan2nya beuh mantul semua

    BalasHapus
  8. Artikel tentang ciri khas kuliner Jawa Barat tersebut memberikan gambaran yang menarik tentang berbagai hidangan khas daerah tersebut. Dari makanan disajikan dengan menu lengkap hingga penggunaan bahan-bahan lokal dan konsep masakan yang unik, semuanya merupakan bagian dari kekayaan kuliner Indonesia yang patut dipromosikan dan dilestarikan.

    Selain itu, komentar-komentar dari pembaca artikel juga menambahkan sudut pandang yang menarik, seperti preferensi terhadap lalapan dan sambel, kesukaan terhadap makanan yang difermentasi, serta preferensi terhadap menu-menu tertentu di rumah makan Sunda.

    Artikel tersebut tidak hanya memberikan informasi tentang kuliner Jawa Barat, tetapi juga menciptakan suasana diskusi yang interaktif dan mengundang pembaca untuk berbagi pengalaman dan preferensi mereka terkait kuliner tersebut.

    BalasHapus
  9. Yang aku liat di sosmed orang jabar yang kebanyakan sunda sih emang kelihatannya suka makan lalapan, ya. Meski bukan orang jabar, tapi aku juga sih sama menu-menunya.

    BalasHapus
  10. Saya org sulawesi, suka dgn makanan sunda. Dulu sblm merantau rasanya aneh makan sayuran mentah..Skrg sdh terbiasa

    BalasHapus
  11. Makanan Sunda favoritku karedok, pepes, ikan bakar, ikan goreng, sambal dan lalapan lengkap. Sederhana tapi rasanya mantap banget.

    BalasHapus
  12. Makanan sunda emang the best sih. Aku bukan orang sunda tapi suka banget makanan khasnya.

    BalasHapus
  13. Makanan sunda yg kayak begini bener2 bikin ngiler, apalagi nasinya dibungkus pake daun, sedap bgt deh. Malah kadang suka bikin nasi liwet di rumah biar berasa sedapnya ala2 makanan sunda.

    BalasHapus
  14. Hampir sama kayak khas Jawa Timuran ya, Mbak, menu lengkap dan pakai lalapan sayur mentah.. Bedanya kalau di Jatim pedes manis atau pedes asin..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar ya...