10 Makanan Tradisional Jawa Barat yang Terkenal Enak

Hai Sobat, pergi ke mana untuk mengisi liburan kali ini? Apakah ada yang berwisata ke daerah Jawa Barat. Di Jawa Barat banyak kota atau tempat menarik yang bisa kita kunjungi. Selain banyak tempat menarik yang bisa melepas rasa penat dan stress, di Jawa Barat juga banyak panganan enak yang bisa kita nikmati.

Jika sebelumnya Sobat sudah membaca artikel tentang Jajanan Tradisional Jawa Barat, maka kali ini kita bahas tentang makanan khas Jawa Barat yang terkenal enak dan menjadi favorit banyak orang.

Makanan Tradisional Khas Jawa Barat

Yuk, kenali makanan enak khas Jawa Barat! Dan jangan lupa untuk menikmatinya ketika datang ke Jawa Barat, yaa…

1. Nasi Timbel

Nasi timbel bisa menjadi menu pilihan untuk penghilang lapar. Nasi timbel ini hampir sama dengan nasi pada umumnya hanya dikemas dalam bungkusan daun pisang. Terbuat dari nasi putih atau nasi merah. Kelebihan nasi timbel dibandingkan nasi biasanya yaitu ada aroma daun pisang yang menggugah selera. Biasanya nasi timbel ini disajikan bersama lauk pauk, sambal, dan lalapan khas Jawa Barat.

Lauk yang jadi pelengkap nasi timbel biasanya berupa ayam goreng, ayam bakar, ikan goreng, ikan bakar, daging gepuk, aneka jeroan sapi, tahu, tempe, udang goreng, cumi goreng, dan lauk lainnya. Sebagai pelengkap tentunya sambal dan lalapan. Kebiasaan di daerah Sunda, lalapan yang biasa disajikan yaitu sayuran mentah seperti mentimun, leunca, selada bokor, daun pohpohan, daun kemangi, kol, terong bulat, kacang panjang dan sayuran lainnya.

2. Karedok

Bagi yang menerapkan gaya hidup sehat, menu karedok bisa dicoba, loh! Karedok ini terdiri dari sayuran segar dan mentah yang dilengkapi dengan saus bumbu kacang. Sayur-sayuran pada karedok dinilai sehat dan memiliki ragam nutrisi yang baik untuk tubuh. Sayuran yang biasanya dibuat karedok yaitu kacang panjang, taoge, kol, mentimun, daun kemangi, terong, atau leunca.

Bumbu pelengkap yang dituang ke dalam sayuran terbuat dari kacang tanah, bawang putih, kencur, cabai rawit, terasi, air asam, gula jawa, dan garam. Semua bumbu dihaluskan dan dicampurkan dengan aneka sayuran tersebut.

Bagaimana dengan rasanya? Tentu saja nikmat, sayur segar dicampur dengan saus kacang menghasilkan rasa manis, asin, gurih, dan pedas. Segar, deh!

3. Nasi Tutug Oncom

Selain nasi timbel, makanan tradisional khas Jawa Barat yang terbuat dari nasi yaitu nasi tutug oncom. Bahan dasarnya tetap nasi putih hanya dicampur dengan oncom. Kata tutug artinya ditumbuk, jadi nasi tutug oncom adalah nasi yang dicampur dengan oncom tumbuk. Jenis nasi ini akan terasa nikmat apabila disajikan dalam kondisi hangat. Perpaduan rasa gurih, pulen, asin, pedas, terasa nikmat saat dikunyah.

Seperti nasi timbel, lauk pelengkap untuk menikmati nasi tutug oncom pun beragam. Bahkan tetap terasa nikmat meski hanya ditambah lauk ikan asin, dadar telor, atau tempe dan tahu serta sambal. Lalapannya pun seperti sayuran khas Sunda lainnya. Disajikan dalam bentuk segar dan mentah.

4. Mie Kocok

Jawa Barat terutama Kota Bandung sangat terkenal dengan mie baksonya. Hampir di setiap wilayah di negeri pasundan itu tersedia mie bakso. Selain mie bakso, makanan tradisonal khas Jawa Barat yang mesti dicoba adalah mie kocok. Secara keseluruhan bahan dan pelengkapnya mirip dengan mie bakso. Hanya yang jadi ciri khasnya yaitu kikil. Disajikan bersama mie kuning, tauge, bakso, dan kikil disiram dengan kuah kaldu sapi yang menggugah selera.
Kenikmatan mie kocok akan bertambah apabila dibumbui dengan perasan jeruk nipis, irisan seledri, daun bawang dan bawang goreng. Rasanya gurih, nikmat dan segar karena aroma jeruknya.

Makanan khas Jawa Barat Mie Kocok

5. Seblak

Seblak ini merupakan makanan tradisional Jawa Barat yang sedang kekinian. Panganan ini sedang digandrungi oleh banyak orang terutama dari kalangan anak muda. Rasanya pedas dan gurih. Umumnya disajikan sebagai cemilan atau makanan ringan. Saat ini seblak tidak hanya ada di Jawa Barat saja, kini seblak juga populer di berbagai daerah di Indonesia.

Pada umumnya seblak terbuat dari kerupuk basah yang diolah dengan bakso, ceker, makaroni dan sayuran. Bumbu yang khas pada seblak yaitu kencur, bawang merah, dan cabai rawit. Seiring bertambah populernya makanan ini, sekarang olahannya sudah banyak dimodifikasi. Bahan isinya bukan hanya kerupuk rendam saja, ada juga yang menambahkan dengan siomay, tahu kering, baso aci, sosis, seafood, mie, kwetiau, dan tulang.

Makanan khas Jawa Barat Seblak Kerupuk
Seblak Kerupuk

6. Geco

Makanan yang terbuat dari tauge dan disiram dengan kuah tauco ini merupakan panganan khas Kota Cianjur. Sekilas geco ini mirip kupat tahu yang ditambah bahan-bahan hasil fermentasi yaitu cuka lahang dan tauco. Makanan tradisional ini rasanya gurih, sedikit asam, dan manis karena hasil campuran bumbu fermentasi. Sedangkan tauco merupakan pelengkap makanan hasil fermentasi kacang kedelai yang dicampur dengan beberapa macam rempah.

Bahan utama geco adalah tahu goreng, tauge, potongan ketupat, potongan kentang, telur rebus, mie aci atau mie glosor, yang diberi bumbu kuah tauco.

7. Sate Maranggi

Sate maranggi merupakan ikon dari Kota Purwakarta. Sate ini kini sudah go internasional dan diminati oleh banyak masyarakat. Seperti sate pada umumnya, sate maranggi terbuat dari daging kambing atau sapi yang dipotong kecil-kecil lalu disusun dengan tusukan bambu.

Yang menjadi ciri khas sate maranggi yaitu rempah-rempah di setiap potongan dagingnya serta sambal kecap sebagai pelengkapnya. Biasanya bumbu yang ditambahkan pada sate berupa bumbu kacang, tetapi untuk sate maranggi ditambah sambal kecap dan irisan tomat segar.

Makanan khas Jawa Barat Sate Maranggi

8. Soto Bandung

Sayur khas Kota Bandung ini hampir sama dengan menu soto dari kota lain. Yang membedakan soto Bandung dengan soto lainnya yaitu pemakaian bahan yang digunakan. Bahan utama soto Bandung yaitu potongan lobak, tetelan daging sapi, dan kacang kedelai. Bumbu dasarnya terbuat dari bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, sereh, gula, dan garam. Kuah soto Bandung bening, tidak seperti soto pada umumnya.

9. Empal Gentong

Makanan tradisional khas Jawa Barat lainnya yaitu Empal Gentong dari Cirebon. Makanan ini mirip dengan gulai dan dimasak menggunakan gentong (periuk dari tanah liat). Bahan utama empal gentong yaitu daging sapi, babat, dan usus. Disajikan dalam kuah santan bumbu kuning.

Ciri khas makanan asli Cirebon ini dimasak menggunakan kayu bakar dan gentong sehingga menimbulkan aroma yang khas. Empal gentong dapat disajikan dengan nasi atau lontong. Sangat nikmat disajikan dalam keadaan panas atau hangat.

10. Nasi Liwet

Setelah nasi timbel, nasi tutug oncom, makanan tradisonal lainnya yang berbahan dasar nasi yaitu nasi liwet. Makanan khas dari Kota Subang ini merupakan olahan nasi yang dimasak dengan kaldu ayam, santan, dan rempah-rempah seperti salam, lengkuas, sereh serta daun bawang. Rasa nasi liwet ini gurih, wangi, dan pulen. Cita rasanya tambah nikmat apabila diberi ikan asin sebagai topingnya.

Serupa dengan nasi timbel, nasi liwet juga akan tambah terasa nikmat apabila disajikan dengan lauk, sambal dan lalapan khas Jawa Barat.

Nah, itulah beberapa makanan tradisional khas Jawa Barat yang terkenal enak dan menjadi favorit masyarakat. Apakah sobat sudah pernah merasakan kelezatan makanan-makanan tersebut? Kalau belum pernah, yuk, datang ke Jawa Barat untuk berwisata kuliner!

Have a nice day!

Posting Komentar

10 Komentar

  1. Makanan trasional jawa barat memang banyak sekali. Dan Alhamdulillah hampir semua makanan di atas saya pernah coba Mbak.
    Hanya satu yang belum, yaitu Geco. Nanti saya cari, penasaran saya hehehe.

    BalasHapus
  2. Ya Allah, membaca rentetan makanannya saja merasa terpanggil ini perut, apalagi bacanya pas jam makan siang begini. Nasi liwet komplit paling juara sih kalau versi saya

    BalasHapus
  3. Jawa Barat memang terkenal dengan ragam kulinernya yang menggugah selera ya ka. Hampir semua menu selalu menggoda untuk dicoba. Semua unik dengan cita rasa yang menarik. Duh jadi pingin wisata kuliner ke daerah di Jawa Barat

    BalasHapus
  4. duuuh tiba-tiba pengen botram ngaliwet kan kak, hahahaha. semua list makanan hjaea barat diatas paporit saya (kecualo geco yaaa, padahal saya orang cianjur, hihihi). paling nikmat emang makan timbel lengkap sambal asin, duuhhhhhh! nyam-nyam.

    BalasHapus
  5. Akhir-akhir ini aku lagi seneng sama nasi tutug oncom, teh..
    Uda nemu tempat makan yang enak, jadi bisa pesen online. Rasanya nasi gurih dengan taburan oncom dimakan sama kacang teri dan sambel tahu tempe, ya Allaah.. nikmat nian...

    BalasHapus
  6. Banyak pilihan makanan yang bisa jadi rekomendasi oke nih, karena kalau udah pilihannya banyak gak menggalau deh urusan makanan

    BalasHapus
  7. Dari semua jenis makanan itu, aku salfok sama Nasi tutup oncom. Pernah waktu itu lihat gegara kasus Dr Cory dimana suaminya masak nasi ini. Sebenarnya aku penasaran sih rasanya kok kayak enak banget gitu.

    BalasHapus
  8. Kuliner Jawa Barat ini endeus endeus ya
    Menggiurkan semuanya
    Aku paling suka sama sate maranggi
    Di surabaya ada tuh tempat langganan sate maranggi

    BalasHapus
  9. Semua makanan tradisional khas Jawa Barat di atas Udah aku coba semua teh dan favorit aku itu yang seblak tentunya, mie kocok, sate maranggi, dan nasi liwet. Soalnya yang seblak sama nasi liwet ini paling pas di lidah Sunda aku

    BalasHapus
  10. Paling terkenal hingga ke Jawa Timur tuh seblak. Emang beda dengan makanan kebanyakan di Jawa Timur. Di sini waktu awal-awal masik, banyak sekali peminatnya. Sampai antri-antri buat dapetin seblak.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar ya...