Tips Berpuasa yang Berkualitas di Bulan Ramadan

Tujuan melakukan ibadah puasa salah satunya untuk meningkatkan kualitas ketakwaan. Kita sebagai umat muslim tidak hanya diperintahkan untuk meninggalkan makan dan minum saja tetapi juga harus bisa mengendalikan nafsu, meningkatkan keimanan. Puasa di bulan Ramadan merupakan ibadah istimewa yang pahalanya berlipat ganda.

“Setiap amal anak Adam dilipatgandakan, satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan yang serupa sampai tujuh ratus kali. Allah berfirman, “Kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Aku sendiri yang membalasnya..” (HR. Muslim, An-Nasai, Ad-Darimi, dan Al Baihaqi)

Berdasarkan hadist tersebut diketahui bahwa nilai puasa di sisi Allah sangat tergantung pada kualitasnya. Makin berkualitas puasa kita, maka makin tinggi pula nilainya di sisi Allah. Jadi untuk yang berpuasa sekedar menahan lapar dan haus, tentunya tidak akan mendapat apa-apa. Lalu bagaimana supaya puasa kita lebih berkualitas?

Tips Berpuasa yang Berkualitas di Bulan Ramadan

 Cara Puasa Berkualitas di Bulan Ramadan

"Banyak orang yang shaum dan tidak mendapatkan nilai di sisi Allah kecuali sebatas merasakan haus dan lapar saja."

Supaya puasa yang kita jalankan tidak hanya sekedar menahan haus dan lapar saja, sebaiknya kita mengikuti adab dan etikanya.

1. Puasa Berdasarkan Iman dan Mengharap Ridho Allah

Niatkan berpuasa karena dorongan iman dan berharap mendapatkan pahala dari Allah. Semoga dengan melaksanakan puasa karena dorongan iman dan mengharapkan pahala dari Allah maka mendapatkan ampunan dari dosa yang telah lalu.

Selain itu puasa kita harus dilakukan dengan ikhlas supaya berkualitas. Keutamaan puasa Ramadan yaitu berupa ampunan atas dosa-dosa yang telah lalu dan hanya diberikan kepada orang yang berpuasa dilandasi keikhlasan.

2. Tinggalkan Dusta dan Perbuatan Sia-sia

Puasa dijadikan perisai supaya diri kita tidak berbicara yang tidak baik. Jika ada orang yang berkata tidak baik, katakan kepadanya jika kita sedang berpuasa. Beberapa hal yang harus ditinggalkan karena bisa membatalkan puasa.

Makan atau minum dengan sengaja. Apabila ada yang tanpa sengaja makan atau minum. Itu tidak membatalkan puasanya. Maka hendaknya meneruskan puasanya. Muntah dengan sengaja juga dapat membatalkan puasa.

3. Meninggalkan Hal-hal yang Tidak Bermanfaat

Banyak yang berpuasa dan  mengisi siang harinya dengan hal-hal yang bermanfaat. Dengan alasan lemas, lesu, atau ingin melupakan rasa lapar dan haus, jadi selama seharian menghabiskan waktu di depan TV, banyak bermain game, dan sebagainya.

4. Menjaga Mata Telinga dan Lisan

Ketika berpuasa sebaiknya pendengaran, penglihatan dan lisan kita juga berpuasa dari berdusta dan berbuat dosa. Mata berpuasa dengan cara menahan pandangan pada sesuatu yang dibenci Allah SWT. Selain itu lidah pun dipelihara agar tidak mudah berkata kasar, mengumpat, menggunjing. Begitu juga dengan pendengaran kita, jaga supaya tidak mendengarkan segala sesuatu yang haram dan makruh.

Tidak hanya mata, telinga dan lisan, tangan dan kaki juga harus menjauhi perbuatan yang dilarang Allah SWT.

5. Memperbanyak Amal Salih di Bulan Ramadan

Selain meninggalkan hal yang haram dan tidak bermanfaat, maka sebaiknya perbanyak amal salih pada saat berpuasa. Kita bisa memperbanyak tilawah Al Qur’an, mengikuti majelis ilmu, banyak berzikir kepada Allah, tafakur, memperbanyak infak dan ibadah lainnya.

Demikianlah cara meningkatkan kualitas puasa supaya meraih pahala yang berlipat ganda. Semua kita semua dimudahkan dan dilancarkan serta diberi kesehatan supaya lancar puasanya.

Baca juga: Tips Sehat dan Kuat di bulan Ramadan

                Persiapan Menghadapi Bulan Ramadan


Have a Nice Day

Posting Komentar

0 Komentar