Selasa, 12 Oktober 2021

7 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

Kota Bandung sebagai tempat tujuan wisata sudah mulai ramai lagi. Di beberapa jalan utama kota kembang ini sudah mulai padat dengan kendaraan para wisatawan. Tempat tujuan wisata di kota yang dijuluki Paris van Java mulai ramai dengan pengunjung. Sepertinya masyarakat sudah mulai berani liburan setelah sekian lama harus berada di rumah aja.

 

7 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

 

Bagaimana dengan teman-teman? Apakah sudah liburan juga? Berlibur ke mana?

Boleh-boleh saja, kok, kalau mau berlibur di masa pandemi ini. Toh, pemerintah juga sudah memperbolehkan tempat wisata dibuka untuk wisatawan. Namun supaya liburan lebih aman dan nyaman, tentunya kita harus memperhatikan tips aman berlibur selama pandemi.

 

Mengapa? Karena tujuan kita berlibur itu untuk menciptakan sehat lahir dan batin, bukan? Bukan mengundang dampak negatif lainnya.

Hal-hal yang Wajib Diperhatikan Saat Liburan

Nah, berikut ini beberapa hal yang wajib diperhatikan saat liburan di masa pandemi.

 

1. Usahakan menggunakan kendaraan pribadi.

Menggunakan kendaraan pribadi bisa menghindari kita kontak langsung dengan orang lain. Karena bagaimanapun kita tidak tahu kondisi orang yang ada di dekat kita, bukan? Jadi lebih baik mencegah berdekatan dengan orang lain.

Bagaimana jika tidak memiliki kendaraan pribadi? Kita bisa rental kendaraan dengan memperhatikan keamanan dan kenyamanan yang disediakan oleh pihak rental.

 

2. Pastikan keadaan tubuh sehat

Sebelum melakukan liburan, pastikan tubuh kita dan anggota keluarga sehat semua. Jika sakit atau kondisi tubuh tidak prima, daya tahan tubuh akan menurun. Kondisi tersebut bisa memudahkan penyakit masuk ke dalam tubuh, termasuk virus Corona.

 

Setiap tempat wisata memberlakukan peraturan yang berbeda satu sama lain. Ada yang mewajibkan pengunjung melakukan rapid test dahulu, ada juga yang mengharuskan wisatawan menunjukkan dirinya sudah divaksin.

Apabila perlu, kita bisa melakukan tes PCR yang hasilnya lebih akurat terlebih dahulu. Selain untuk memastikan kesehatan diri sendiri juga bisa melindungi orang lain yang bertemu dengan kita di lokasi wisata nanti.

 

3. Pilih tempat wisata yang aman.

Sebaiknya cari tempat wisata yang berada di zona resiko rendah dan menghindari tempat resiko tinggi. Dengan begitu kita akan lebih merasa aman dan nyaman menikmati liburan di masa pandemi ini.

 

7 Tips Berlibur Yang Aman

 

4. Tempat wisata bersertifikat CHSE

Selain memilih tujuan wisata di zona resiko rendah, sebaiknya kita juga memastikan lokasi wisata sudah terakreditasi sertifikat CHSE.

CHSE (Cleanliness, Health, Safety dan Environment) merupakan sertifikat yang dikeluarkan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tempat wisata yang sudah bersertifikat berarti sudah melaksanakan kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lindungan hingga bisa menjamin kenyamanan wisatawan.

 

5. Pilih tempat yang tidak begitu ramai.

Virus covid 19 mudah menular di tempat tertutup dan padat orang.  Oleh karenanya sebaiknya memilih tempat wisata yang terbuka, luas dan tidak terlalu ramai. Contohnya saja pantai, berkemah di gunung, berwisata di kebun teh atau wisata batu karst seperti di Stone Garden.

Cara Liburan Aman di Saat Pandemi

 

6. Membawa peralatan pribadi

Berlibur jangan lupa membawa perlengkapan pribadi seperti sikat gigi, handuk, alat makan dan tempat minum. Menggunakan semua peralatan milik sendiri bisa mencegah kemungkinan penularan virus corona melalui barang pribadi. 

 

7. Menerapkan protokol kesehatan

Selama liburan kita harus selalu menerapkan protokol kesehatan yaitu rajin mencuci tangan, mengenakan masker dan menghindari kerumunan bersama wisatawan lainnya.

 

Pilih juga fasilitas umum dan penginapan yang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. 

Selalu kenakan masker meski orang-orang di sekeliling kita sehat. Lebih baik membawa masker lebih dari satu yang bisa digunakan sebagai cadangan.

Nah itulah beberapa tips liburan aman selama masa pandemi ini. Meskipun kita sekeluarga sudah diperbolehkan mengunjungi tempat wisata, tetapi tetap selalu menjaga kesehatan diri selama liburan di masa pandemi ini. 

Selamat berlibur!

6 on: "7 Tips Liburan Aman Saat Pandemi"
  1. Baru tahu kalau memang ada status terakreditasi sertifikat CHSE. Ini apakah tempat wisata aja atau termasuk tempat kulineran ya, Teh? Aku ada rencana untuk kemping sama anak-anak. Berarti harus tanya dulu ya sama pengelolanya? Well, informasi bermanfaat ini Teh, karena selama ini nggak terpikirkan juga sih sama aku. Pokoknya wisata alam atau terbuka aja gitu mikirnya.

    BalasHapus
  2. Aaah senangnya nemu artikel ini. Dr kmrn maju mundur mau ajak anak2 jalan2liburan. Ga jauh2 sih. Tp pengen keluar rumah cari suasana baru barang semalem dua malem. Thanks buat tips2nya ya mbaaa

    BalasHapus
  3. Aku belum liburan, Teh😄 padahal pengen banget ke Jogja. Karena abis kehilangan mama meninggal karena covid, jadi masih takut2. But, makasih tipsnya, terutama bawa alat makan+minum sendiri. Benar juga ya. Mencegah tertular covid di lokasi wisata.

    BalasHapus
  4. Bagi saya membawa peralatan pribadi itu yang utama saat liburan ataupun piknik. Soalnya peralatan umum itu kadang tidak bersih, jadi sering parno. Apalagi masih masa pandemi ini deh.

    BalasHapus
  5. Selama pandemi aku sangat membatasi keluar rumah sih Teh, terutama untuk liburan. Soalnya ku parnoan hehehe. Terakhir liburan tipis-tipis, eh nggak lama malah terpapar kopit. Nggak tahu dari mana tapinya. Yang jelas sekarang kalau mau liburan atau sekedar nongkrong jadi lebih waspada dan pastinya prokes. BTW aku juga lebih prefer outdoor area sebisa mungkin.

    BalasHapus
  6. makasih tipsnya mbak, meski tempat wisata sudah dibuka tapi penting sekali menerapkan prokes ya. Kapan hari saya liburan pas masih sepi, sekarang udah rame dan hampir full karena orang-orang dah kangen banget traveling. Semoga Indonesia segera pulih ya jd bisa liburan tanpa khawatir

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar ya...