5 Kegiatan Seru Saat Camping Bareng Keluarga

Salam hangat sobat!

Bagaimana liburan kemarin? Ada yang pergi berwisata ke gunung? Atau main pasir di pantai? Kemana pun acara liburannya pasti lebih asyik kalau bareng keluarga, bukan? Kali ini blog wisata jalan jajan mau cerita keseruan keluarga kami liburan ke gunung, ya. Kebetulan kami senang berkemah dan menikmati kesegaran alam pegunungan.

Menghilangkan rasa penat dan lelah dari rutinitas dengan liburan di gunung sangat banyak manfaatnya bagi anak. Kami bisa mengenalkan dan mendekatkan anak pada alam bebas. Mereka bisa menghirup udara segar dan mengenal aneka tumbuhan yang ada di gunung.

5 Kegiatan Seru Saat Camping Bareng Keluarga

Kegiatan Saat Berkemah Bareng Keluarga

Anak-anak kami lahir di zaman digital yang lekat dengan gawai. Dengan mengajak mereka liburan di gunung, anak-anak bisa lepas sejenak dari gawai. Dan supaya tidak bosan selama berkemah di gunung, kami selalu mencari aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama. Nah, berikut ini beberapa kegiatan saat camping bersama keluarga yang pastinya sangat menyenangkan.

1. Bermain Air di Sungai

Di beberapa tempat berkemah, ada sungai yang bisa dimanfaatkan bersama keluarga. Seperti saat kami berkemah di Gunung Puntang, di sana ada sungai dengan aliran airnya yang cukup tenang dan mudah dijangkau. Bentuknya yang berundak dengan batu-batu besar di sepanjang sungai, banyak dimanfaatkan oleh pengunjung untuk bermain air sambil berenang. Anak-anak senang sekali ketika diajak ke sungai. Mereka puas bermain meskipun tubuhnya basah kuyup.

Kegiatan seru kemping bersama keluarga

2. Membuat Api Unggun

Salah satu kegiatan yang hampir tidak pernah terlewatkan ketika kemping adalah membuat api unggun. Sobat bisa mengajak anak untuk mengumpulkan ranting yang ada di sekitar area berkemah. Jika tidak mau capek mencarinya, sobat bisa membeli kayu bakar di warung terdekat. Berdasarkan pengalaman keluarga kami, ada beberapa tempat berkemah yang menyediakan kayu api unggun. Kayu-kayu itu bisa dibeli dalam bentuk ikatan.

Kegiatan seru camping bersama keluarga

3. Menikmati Taburan Bintang

Apabila cuaca tidak mendung, sobat juga bisa menikmati keindahan di langit. Beratap langit luas, kita bisa berbaring menikmati bulan dan taburan bintang yang berkelip di langit. Anak-anak juga bisa dikenalkan pada rasi bintang yang terlihat di langit.

4. Menikmati City Light

Biasanya area berkemah berada di tempat ketinggian. Dari atas ketinggian kita bisa menikmati hamparan lampu yang ada di kota. Seperti dari puncak Bukit Moko dan Wana Wisata Batu Kuda, pengunjung bisa menikmati city light Kota Bandung.

5. Fun Cooking

Kegiatan yang tidak kalah asyiknya yaitu masak bersama. Banyak perlengkapan memasak yang aman dan mudah untuk dibawa saat kemping. Dengan perlengkapan itu, kita bisa memasak makanan kesukaan seperti bakar ayam, sosis, barbeque atau masak mie instan. Ada sensasi tersendiri ketika makan di alam terbuka, loh! Jadi tambah nikmat, deh!

Sebenarnya masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat berkemah bareng keluarga. Terutama kalau berkemah di area yang dekat dengan tempat parkir kendaraan. Kita bisa bawa berbagai macam barang yang bisa digunakan untuk kegiatan selama berkemah. Misalnya membawa bola plastik, balon, atau peralatan main lainnya untuk bermain bersama keluarga.

Apa yang Harus Dipersiapkan Untuk Camping Bareng Keluarga?

Supaya kegiatan berkemah bareng keluarga bisa menyenangkan, sebaiknya melakukan persiapan yang matang sebelum berangkat ke lokasi berkemah. Ada beberapa perlengkapan camping yang mesti dipersiapkan untuk berkemah di gunung.

1. Tenda dan Alas Tidur

Perlengkapan utama yang mesti dipersiapkan ketika hendak kemping yaitu tenda dan alas tidur sebagai alat pelindung di tempat terbuka. Sebaiknya membawa tenda yang berkualitas hingga dapat berdiri kokoh dan kuat ketika ada hujan atau angin kencang. Pasang tenda dengan benar, karena tenda yang bagus tidak akan berfungsi dengan baik jika tidak didirikan dengan benar.

Selain itu pilih alas tidur yang nyaman supaya kita sekeluarga dapat tidur dengan nyenyak. Alas tidur yang dibawa pun sebaiknya yang simpel agar mudah dibawa.

Perlengkapan berkemah bareng keluarga

2. Perlengkapan Pribadi dan Pakaian

Persiapkan pakaian ganti dan perlengkapan pribadi untuk dibawa kemping. Sebaiknya membawa baju secukupnya untuk mengantisipasi apabila ada hal yang tidak diinginkan seperti hujan atau kotor terkena kotoran. Alat sholat, jaket, kaos kaki tebal, alat mandi dan pembalut bagi wanita juga sebaiknya dibawa supaya kegiatan camping bersama keluarga bisa lancar dan menyenangkan.

3. Alat Masak, Alat Makan, Bahan Makanan dan Snack

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kegiatan memasak di alam terbuka merupakan kegiatan yang menyenangkan selama berkemah. Bawalah perlengkapan memasak dan makan yang lengkap, tetapi simpel untuk dibawa. Banyak toko perlengkapan berkemah yang menyediakan alat masak dan makan khusus untuk berkemah.

Persiapkan juga bahan makanan yang akan dimasak saat berkemah. Bawalah bahan makanan yang mudah dimasak seperti mie instan, ikan dalam kaleng, sosis, nugget atau bahan barbeque. Selain itu bisa juga membawa bahan minuman seperti kopi, teh atau cokelat kemasan.

4. Perlengkapan Kesehatan

Perlengkapan berkemah yang paling penting dan jangan sampai terlupakan yaitu perlengkapan kesehatan. Perlengkapan kesehatan harus dibawa terutama jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik atau tempat camping cukup jauh dari tempat ramai.

Kit perlengkapan kesehatan juga akan diperlukan apabila ada insiden yang membuat anggota keluarga sakit atau kecelakaan.

5. Senter dan Power Bank

Berkemah di alam yang tidak tersedia arus listrik untuk mengisi sumber daya handphone, tentunya membutuhkan power bank. Maka dari itu bawa power bank untuk berjaga-jaga jika membutuhkan alat komunikasi. Selain itu untuk penerangan, sebaiknya membawa senter, head lamp atau alat penerangan lainnya untuk digunakan berkegiatan di malam hari.

Kemah Seru Bersama Keluarga

Berkemah bersama keluarga merupakan kegiatan mengisi liburan yang menyenangkan. Seluruh anggota keluarga bisa menikmati waktu berkualitas bersama. Banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama keluarga agar liburan makin menyenangkan. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan berkemah yang bisa membuat liburan lebih maksimal.

Have a nice day

Posting Komentar

0 Komentar