5 Tempat Kemah Keluarga di Bandung

Apa yang paling sering sobat lakukan ketika liburan bersama keluarga? Pergi berlibur ke luar negeri, liburan ke pantai atau rekreasi di fasilitas umum yang ada di dekat tempat tinggal? Kalau keluarga kami paling sering liburan di alam, berlibur di gunung, tepatnya. Kami senang berkemah untuk melepas penat dari rutinitas keseharian. Jika waktu liburannya cukup panjang, kami berlibur ke luar kota. Namun kalau waktunya hanya sekitar dua hari, kami lebih memilih berkemah di dalam kota saja.

Kebetulan tempat tinggal kami di Bandung, banyak menyediakan tempat kemah keluarga yang nyaman dan tidak terlalu lama waktu tempuh menuju lokasinya. Beberapa lokasi tempat kemping keluarga ini sudah kami kunjungi beberapa kali. Terutama yang dekat dengan tempat tinggal kami.

Tempat Camping Keluarga di Bandung

Mengajak anak-anak berkemah sangat menyenangkan. Kebetulan anak-anak juga senang diajak liburan di alam. Kami senang dengan udara luar yang bisa melatih ketahanan fisik. Selain itu, camping bersama keluarga juga bisa memberi jeda untuk jauh dari gawai dan teknologi. Anak juga akan belajar bersosialisasi dan menciptakan kenangan yang terlupakan ketika berkemah.

Rekomendasi tempat kemah keluarga di Bandung yang ramah anak, nyaman dengan harga terjangkau.

1. Wana Wisata Batu Kuda

Lokasi Wana Wisata Batu Kuda merupakan tempat berkemah yang paling dekat dengan tempat tinggal kami. Lokasi camping keluarga ini hanya berjarak kurang lebih 4 km saja. Jadi wajar saja apabila kami sudah berkali-kali berkemah di sana. Tepatnya berada di kaki Gunung Manglayang, daerah Cibiru Wetan, Cileunyi.

Tempat kemah ini cocok sekali jika digunakan bersama keluarga. Beberapa kali kami berkemah di Wisata Batu Kuda, ada beberapa keluarga yang datang bersama anak mereka yang masih kecil. Hmm .. nyamankah tempat kemah ini untuk anak-anak?

Kami merekomendasikan Wana Wisata Batu Kuda sebagai tempat camping keluarga karena fasilitasnya aman untuk keluarga. Area berkemahnya pun tidak terlalu jauh dari tempat parkir. Dari pintu masuk pengunjung bisa langsung menemukan warung-warung yang berjajar. Jadi gak perlu takut kehabisan makanan, deh!

Di sebelah kanan dari pintu masuk, bersebelahan dengan tempat parkir, tersedia kamar mandi dan toilet yang berjejer. Ada juga musala yang tidak terlalu besar tapi cukup bersih. Air yang ada di kamar mandi pun cukup banyak dan dapat memenuhi kebutuhan pengunjung yang banyak.

Seperti kondisi gunung pada umumnya, kontur tanah di tempat berkemah Batu Kuda miring dan berundak. Kita harus jeli mencari tanah yang datar, lapang dan berada di antara pohon-pohon pinus. Area kemahnya cukup luas, kok, jadi jangan khawatir kehabisan tempat. Di beberapa titik area perkemahan juga tersedia kamar mandi/toilet sehingga tidak perlu turun ke bawah mendekati pintu masuk.

Wana Wisata Batu Kuda Tempat Kemah Keluarga di Bandung

2. Puncak Bintang Bukit Moko

Salah satu tempat kemah keluarga dengan view Kota Bandung yang indah yaitu Puncak Bintang Bukit Moko. Karena letaknya di tempat ketinggian, kita bisa dengan leluasa melihat hamparan Kota Bandung. Seperti tempat camping keluarga lainnya, Bukit Moko yang berada di daerah Padasuka Bandung ini juga memiliki fasilitas yang ramah anak. Untuk mencapai area perkemahan, pengunjung harus berjalan dahulu sekitar 1 kilometer dari tempat parkir kendaraan.

Area kemahnya cukup luas. Pengunjung bisa memilih berkemah di tanah yang agak lapang atau camping di bawah pohon pinus. Sebaiknya persiapkan perlengkapan kemah yang lengkap, karena suhu udaranya cukup dingin. Selain jaket, sebaiknya membawa sleeping bag untuk perlengkapan tidur.

Tidak hanya perlengkapan untuk camping yang harus dipesiapkan, pengunjung juga sebaiknya mempersiapkan kondisi kendaraan dengan baik. Akses jalan menuju bumi perkemahan cukup curam. Jalannya kecil berliku dengan tanjakan tajam, membutuhkan kondisi kendaraan yang prima.

Bukit Moko Tempat Kemah Keluarga di Bandung

3. Ranca Upas

Area kemah keluarga yang cukup rekomended di daerah Bandung bagian selatan yaitu bumi perkemahan Ranca Upas. Tempat wisata ini sebenarnya tidak asing bagi penggiat wisata camping. Banyak wisatawan yang menyukai Ranca Upas sebagai tempat berkemah. Dan seperti lokasi lainnya, tempat perkemahan ini cukup mudah dijangkau. Dekat dengan area parkir kendaraan.

Fasilitas kebersihannya pun tersedia di beberapa lokasi. Ada juga masjid yang berukuran cukup besar. Selain itu, ada juga beberapa warung dan café yang menyediakan beragam menu makanan. Area berkemahnya luas dengan pemandangan yang asri dengan suhu udara yang dingin.

Untuk wisatawan yang tidak membawa perlengkapan berkemah, di Ranca Upas menyediakan perlengkapan kemah yang lengkap. Kita tinggal menyewanya saja sesuai besarnya tenda.

Selain berkemah bersama keluarga, pengunjung di Ranca Upas juga bisa melakukan kegiatan menarik lainnya seperti memberi makan rusa di penangkaran rusa, berendam di kolam air panas atau menikmati outbound.

4. Gunung Puntang

Perkemahan di Gunung Puntang juga cukup nyaman untuk keluarga. Bumi perkemahan ini memiliki kontur tanah yang rata. Karena wilayah ini merupakan lokasi bekas pemukiman warga Belanda ketika masih menjajah negara kita. Dulu di daerah Gunung Puntang ini berdiri radio pemancar yang digunakan oleh penjajah Belanda berkomunikasi dengan negara lain.

Selain kontur tanahnya yang rata, fasilitas untuk mck juga banyak tersedia. Di samping tempat parkir berderet warung-warung yang menyediakan berbagai makanan dan keperluan sehari-hari. Cukup ramah untuk penggiat kemping yang berkemah bersama keluarga.

Tidak hanya berkemah, pengunjung juga bisa menikmati kesegaran air sungai dengan pemandangan yang indah atau berfoto di spot-spot menarik yang tersedia di sana.

Gunung Puntang Tempat Kemah Keluarga di Bandung

5. Cantigi Camp

Satu lagi tempat kemah keluarga di Bandung yang bisa dikunjungi yaitu Cantigi Camp. Bumi perkemahan yang berada di Cileunyi Bandung ini selain digunakan untuk kemah keluarga juga sebagai tempat berkemah untuk rommbongan. Cantigi Camp menyediakan aktivitas outbound yang beragam. Baik orang dewasa atau anak-anak bisa menikmati wahana yang ada di sana.

Area berkemah di Cantigi Camp tidak seluas tempat camping yang berada di gunung. Namun kita tetap bisa menikmati kesegaran alam dan pemandangannya yang asri. Fasilitas musala, kamar mandi dan toiletnya pun nyaman untuk digunakan.

Itulah beberapa tempat kemah keluarga di Bandung yang bisa dipilih untuk menikmati liburan bersama keluarga. Tempatnya yang asri dengan kesegaran udaranya bisa jadi alternatif tempat berlibur dan istirahat dari rutinas sehari-hari. Kemah bersama keluarga tidak hanya bisa mendekatkan bonding bersama anggota keluarga, bisa juga mendekatkan diri dengan alam, menjaga kelestarian alam dan merelaksasikan pikiran dan kejenuhan.

So ... gak perlu bingung kalau mau kemah bareng keluarga, deh! Tinggal pilih saja mau berkemah di area Bandung yang terdekat. Boleh juga sekalian berkunjung ke beberapa tempat wisata Bandung yang fenomenal dan gak kalah menariknya.

Have a nice day ~ ~



Posting Komentar

17 Komentar

  1. Dari dulu pengen banget ke Gunung Puntang ini. Semoga suatu saat ada rezeki lebih biar bisa kesana amiin.

    BalasHapus
  2. Seru y kak kalau bisa berkemah bersama keluarga. Dan tempatnya juga nggak jauh dari Bogor. Jadi bisalah kapan2 aku ikut camping di salah satu tempat rekomendasi darimu.

    BalasHapus
  3. Waduh.. Bandung memang layak di sebut kota wisata, tempat kemah ajah banyak. Kalau di Jatim, hanya Malang yang punya banyak tempat kemah keluarga

    BalasHapus
  4. Cantigi dan Ranca Upas adalah salah 2 tempat yang familiar di telinga saya. Eh tapi di Gunung Puntang kayaknya juga menarik kalau lihat fotonya. Vibesnya dapet banget untuk berkemah.

    BalasHapus
  5. Lumayan banyak juga pilihan untuk tempat kemping keluarga di Bandung. Sepertinya tertarik pengen ke Gunung Puntang, panoramanya sangat hijau dan segar sepertinya

    BalasHapus
  6. Bandung ini tempat wisatanya asyik buat bareng-bareng sama keluarga berlibur ya kak

    BalasHapus
  7. Nah ini, saya malah belum pernah kemping. Jadi kepingin banget ngerasain gimana tidur di tengah pepohonan. Kalau kemping fasilitas tenda bawa sendiri atau dipinjamkan? Tarifnya berapa mbak?

    BalasHapus
  8. Bandung bakal jadi destinasi liburanku nih pankapan. Selain berburu kulinernya, keknya buat berkemah juga harus dicoba yah. Catet dulu!

    BalasHapus
  9. Baru pernah ke Gunung Puntang, 2 kali itu pun sekian tahun lalu. Pemandangannya indah memang, tapi sekarang masih serem nggak sih di sana?

    BalasHapus
  10. Dari sekian tempat yang ada, saya cuma tahunya nama Ranca Upas. Sering lihat foto-foto mantan siswa saya asal Kalsel yang kuliah di Jawa, biasanya kemah di sana. Terus baca ini, jadi tahu kalau ternyata banyak juga ya tempat kemah lain apalagi yang juga ramah anak atau keluarga.

    BalasHapus
  11. Dari dulu pengen banget bisa camping di Bukit Moko. Adanya hutan pinus di sana jadi bisa ingetin banget suasana di hutan pinus Jogja. Tapi ya, kalau soal dingin, bandung lebih dingin kali ya.

    BalasHapus
  12. Wiiih indah-indah banget tempat camping di Bandungnya teh. Asri banget. Saya paling pengen ke yang Ranca Upas biar bisa sekalian memberi makan rusa terus bisa berendam di kolam air panas, sekalian outbound juga

    BalasHapus
  13. Bisa jadi rekomendasi nih kalau ke Bandung. Bocil lebih suka main di alam soalnya

    BalasHapus
  14. wah menarik nih ceritanya. jadi kepingin ngecamp sm keluarga, bawa balita aman gak ya mbak?

    BalasHapus
  15. Gunung Puntang sama Cantigi ini sih yang paling aku familier. Sejauh ini jarang ke tempat kemah keluarga ketika traveling sendirian, wkwk, karena di Malang udah sering camping. Tapi worth to try sih ini kalau ke Bandung nanti lagi

    BalasHapus
  16. Bandung itu memang super lengkap ya. Tidak hanya kuliner, tempat wisata yang bisa dikunjungi langsung bahkan tempat camping pun punya banyak pilihan yang menarik gini ya.

    BalasHapus
  17. Wah aku sering banget mendengar beberapa tempat kemah di bandung diatas, memang tempat tempat itu bisa jadi pilihan yang bagus untuk berkemah bersama dengan keluarga dan teman..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar ya...