Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan

Bagi umat muslim, bulan Ramadan merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu. Di bulan suci ini umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh. Menahan hawa nafsu sebagai salah satu cara meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Bukan hanya menjalankan ibadah puasa, umat muslim juga berlomba-lomba melakukan kebaikan. Karena umat muslim percaya, setiap kebaikan yang dilakukan selama bulan puasa akan mendapatkan keberkahan dan pahala yang berlipat ganda.

Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan


 
Oleh karenanya kita sering kali melihat orang-orang melakukan kegiatan sosial yang dapat menebar manfaat untuk orang lain.
Lalu kegiatan sosial apa saja yang bisa mendatangkan pahala yang berlipat ganda?

Ide Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan

1. Bagi-bagi Takjil

Saat bulan Ramadan tiba, kita biasanya melihat beberapa komunitas atau perorangan yang membagikan takjil kepada orang yang lewat di depan mereka.

Bagi-bagi takjil merupakan kegiatan sosial yang sering dilakukan oleh umat muslim. Membagikan takjil untuk orang yang hendak berbuka puasa dipercaya bisa mendapatkan pahala yang berlipat.

2. Bersedekah

Ide kegiatan sosial di bulan Ramadan yang berikutnya yaitu bersedekah. Bersedekah merupakan amalan yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan diberikan kepada siapa saja.

Namun apabila kita ingin lebih praktis dalam menyalurkan hasil sedekah bisa dititipkan pada lembaga tertentu.
Melalui lembaga tersebut, sedekah umat muslim dijamin akan sampai pada yang membutuhkan.

3. Wakaf Al-Qur'an

Wakaf Al-Qur'an adalah kegiatan menitipkan Al Qur'an ke masjid, lembaga pendidikan, musala, perpustakaan, atau tempat lain yang bisa diakses oleh umat muslim. Kegiatan sosial ini bertujuan menjaga kelestarian Al-Qur'an agar seluruh umat muslim bisa memahami dan mempelajari isinya. Kegiatan ini sangat dianjurkan terutama di bulan Ramadan karena memiliki keistimewaan.

Berwakaf Al-Qur’an sama dengan investasi pahala. Karena wakaf Al-Qur’an pahalanya terus mengalir selama dipakai dan akan terus mendatangkan pahala meskipun pemberi wakaf sudah meninggal dunia.

4. Bersih-bersih Tempat Ibadah

Tidak selamanya berbagi membutuhkan biaya. Ada kegiatan sosial yang tidak memerlukan biaya seperti bersih-bersih masjid dan musala. Membersihkan masjid dan musala yang ada di sekitar tempat tinggal hanya memerlukan niat, waktu dan tenaga saja.

5. Menyantuni Anak Yatim

Ide kegiatan sosial di Bulan Ramadan lainnya yaitu menyantuni anak yatim. Ada banyak keutamaan yang bisa didapatkan dengan menyantuni anak yatim. Salah satunya ada jaminan masuk surge dan pahala berlipat ganda. Selain itu orang yang menyantuni anak yatim membuat jarak seorang muslim dengan Rasulullah SAW di surga nanti, bagaikan jari telunjuk dan jari tengah.

6. Bagi-bagi Sahur

Saat ini sedang ngetrend Sahur on The Road (SOTR) yaitu kegiatan membagi-bagi makanan hidangan sahur kepada orang yang membutuhkan. Biasanya kegiatan seperti ini dilakukan oleh sekelompok orang yang tergabung dalam komunitas tertentu. Kegiatan bagi-bagi makanan sahur ini merupakan kegiatan sosial yang memiliki keutamaan pahala yang berlipat ganda.

7. Buka Bersama dengan Yatim dan Dhuafa

Tradisi buka bersama yang selalu populer di bulan Ramadan bisa juga dilakukan bersama anak yatim dan para dhuafa. Seperti kita ketahui, anak yatim memiliki kedudukan istimewa dalam Islam. Rasulullah bersabda jika seseorang memberi makan anak yatim piatu maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga. Kegiatan sosial ini biasanya dilakukan bersama dengan anggota komunitas, teman sekolah, teman kantor, atau keluarga.

Bulan Ramadan merupakan bulan suci yang selalu ditunggu-tunggu karena dapat melipatgandakan pahala. Oleh karenanya semua orang berlomba-lomba untuk melakukan hal yang baik dan mencari ridho Allah SWT.

Bagaimana dengan sobat? Apa kegiatan sosial sobat di Bulan Ramadan kali ini?

Have a Nice Day


Posting Komentar

0 Komentar