Tempat Wisata Religi di Jawa Barat

Indonesia memiliki alam yang menyimpan keindahan luar biasa. Keindahan alam yang terbentang mulai dari bagian barat hingga timur menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Tidak hanya tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, Indonesia juga menyediakan berbagai tempat wisata religi yang sangat untuk dilewatkan. Wisata religi sendiri merupakan kegiatan wisata ke tempat yang memiliki makna khusus bagi umat beragama. Tempat wisata religi tersebut biasanya menarik karena memiliki keistimewaan tersendiri.

Keistimewaan tempat tersebut bisa dilihat dari segi sejarah berdirinya, keunikan atau keunggulan tempat wisata tersebut, serta ada kepercayaan atau mitos yang ada di tempat tersebut.

Rekomendasi Tempat Wisata Religi di Jawa Barat

Para wisatawan religi biasanya mengunjungi tempat wisata yang memiliki makna tersendiri bagi umatnya. Misalnya tempat wisata religi yang banyak diminati oleh umat muslim seperti masjid atau makam orang -orang suci. Berikut ini tempat wisata religi yang ada di tempat tinggal saya, yaitu di Jawa Barat

1. Masjid Raya Bandung

Sebagai warga kota Bandung, tempat wisata religi yang pertama saya ulas tentunya Masjid Agung Bandung.

Masjid ini berada di alun-alun kota Bandung. Status masjid ini merupakan masjid provinsi Jawa Barat. Masjid yang tadinya bermana Masjid Agung ini sudah beberapa kali mengalami perombakan. Masjid Raya Bandung memiliki dua menara kembar di sisi kanan dan kirinya. Tinggi menara kembar ini 81 meter.

Menara kembar di Masjid Agung Bandung menjadi salah satu tempat yang menjadi daya tarik wisatawan. Tempat ini dibuka untuk umum setiap hari Sabtu dan Minggu. Pengunjung bisa naik ke atas menara dengan lift yang sudah disediakan di sana.

Masjid Raya Bandung, tempat wisata religi Jawa Barat

Selain menara kembarnya, wisatawan religi yang berkunjung ke sana juga bisa menikmati halaman rumputnya yang luas dan asri. Halaman Masjid Raya Bandung terhampar halaman rumput imitasi yang ditata seperti rumput di lapangan sepak bola.

Para pengunjung bisa menikmati keindahan dan kemegahan Masjid Raya Bandung sambil duduk-duduk di atas rumput. Anak-anak pun bisa bebas bermain dan berlarian di atas rumput. Untuk menjaga kebersihan halaman masjid, pengunjung tidak diperkenankan menggunakan alas kaki ketika memasuki halaman rumput.

2. Masjid Raya Al Jabbar

Tempat wisata religi di Kota Bandung yang kini sedang difavoritkan oleh umat muslim adalah Masjid Al Jabbar. Meskipun terbilang baru, keberadaan masjid ini bisa menarik wisatawan baik yang berasal dari kota Bandung maupun dari luar kota Bandung.

Hampir setiap akhir Minggu, tempat wisata religi ini dipenuhi oleh wisatawan. Masjid megah yang berada di daerah Gedebage ini merupakan hasil desain Ridwan Kamil. Arsitekturnya dirancang dari perpaduan arsitektur modern kontemporer dengan aksentuasi masjid Turki yang dilengkapi seni dekoratif khas Jawa Barat.

Bangunan utama Masjid Raya Al Jabbar merupakan peleburan dinding, atap, dan kubah, yang tidak terpisahkan. Dilebur menjadi kubah yang menyerupai satu bentuk setengah bola raksasa.

Fungsi masjid Al Jabbar ini bukan hanya sebagai tempat ibadah saja. Di masjid ini wisatawan bisa menambah wawasan tentang khazanah Islam. Fasilitas yang ada di masjid ini antara lain perpustakaan, ruang pertemuan, museum, tempat manasik haji, hingga penginapan.

Fasilitas yang paling menarik bagi wisatawan adalah museum Rasulullah. Di dalam museum ini ditampilkan sejarah Rasulullah Saw dari kelahiran hingga wafatnya beliau. Selain itu museum ini juga menyajikan sejarah Islam di Jawa Barat.

Masjid Al Jabbar Bandung Tempat Wisata Religi Jawa Barat

3. Masjid Kubah Emas Depok

Tempat wisata religi lain yang ada di Jawa Barat yaitu Masjid Kubah Emas. Penamaan masjid ini karena kubahnya yang berlapis emas.

Luas Masjid Kubah Emas sekitar 8000 meter persegi. Kawasan masjid ini disebut-sebut sebagai masjid termegah di Asia Tenggara.

4. Masjid Cipta Rasa Cirebon

Masjid Agung Sang Cipta Rasa atau Masjid Agung Cirebon merupakan masjid tertua di Jawa Barat. Masjid ini dibangun pada zaman Sunan Gunung Jati masih berkuasa sebagai Sultan Cirebon dan menugaskan Sunan Kalijaga sebagai arsitek pembangunannya

Desain masjid yang berada di area Kompleks Keraton Kasepuhan Cirebon ini kental bernuansa Jawa. Atapnya berbentuk limas dengan banyak ornamen kayu di dalam. Bangunannya terbagi menjadi dua ruangan yaitu ruang utama dan serambi. Kedua ruangan tersebut diberi pemisah menggunakan 9 pintu yang melambangkan jumlah Wali Songo.

5. Masjid Al Kamil Jatigede

Selain masjid Al Jabbar di Gedebage Bandung, Masjid Al Kamil Jatigede merupakan hasil karya rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Masjid ini dirancang sebagai salah satu ikon dan tujuan wisata religi di Kabupaten Sumedang.

Masjid yang masih terbilang baru ini digunakan masyarakat untuk beribadah sejak Agustus 2022. Meskipun masih baru tetapi pengunjung yang mengunjungi destinasi wisata religi di Sumedang ini cukup banyak. Bentuk masjidnya eksotis menyerupai bunga teratai yang sedang mekar. Lokasinya menghadap langsung ke arah waduk Jatigede hingga menjadi daya tarik tersendiri.

Itulah beberapa tempat wisata religi di Jawa Barat yang sedang diminati wisatawan akhir-akhir ini. Sebenarnya masih banyak tempat wisata religi di Jawa Barat yang bisa dikunjungi bersama keluarga dan teman-teman. Yuk, berwisata religi ke Jawa Barat!

Have a Nice Day

Posting Komentar

0 Komentar