Tempat Wisata Favorit di Kampung Halaman

Tidak terasa bulan Ramadan sudah mendekati hari-hari terakhir. Euforia mudik sudah mulai terasa di sekeliling tempat tinggal saya. Beberapa tetangga sudah mulai mudik ke kampung halaman. Keluarga saya sendiri memilih berlebaran di rumah orang tua yang masih satu kota dengan tempat tinggal saya.

Tahun ini merayakan lebaran di Kota Bandung saja. Karena beberapa tahun yang lalu kami mudik ke rumah nenek di Ambarawa, Semarang. Bagi saya dan adik-adik, Ambarawa sebagai tempat kelahiran bapak, memiliki banyak tempat yang berkesan. 

Tempat wisata favorit di kampung halaman
Lingkungan di tempat tinggal bapak begitu asri. Terletak di kaki gunung, masih rimbun dengan pepohonan besar, hawa yang sejuk dan masyarakat yang ramah membuat kami selalu merasa kangen untuk ke sana.

Selain lingkungan yang asri dan adem, ada salah satu tempat wisata favorit di Ambarawa yang bikin kangen. Kami sekeluarga pernah berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa. Dan tempat itu jadi salah satu tujuan wisata favorit keluarga kami. Mau tau apa yang membuat tempat ini jadi tempat wisata favorit keluarga kami?

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum ini terletak di pusat kota Ambarawa. Jaraknya dekat dengan rumah Simbah. Konon museum KA Ambarawa merupakan satu-satunya museum yang menyajikan teknologi kereta kuno.

Kebetulan anak lelaki saya senang dengan kereta api. Sejak kecil dia mengoleksi mainan kereta api Thomas and Friends. Tidak hanya koleksi mainan, dia juga punya koleksi buku cerita Thomas and Friends dan pernak pernik lainnya. Bisa melihat kereta api uap secara langsung di museum kereta api Ambarawa tentunya sangat menyenangkan bagi anak lelaki saya.

Libur Lebaran ke Museum Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa ini menawarkan daya tarik naik kereta wisata vintage. Rute kereta wisata ini dari Ambarawa menuju Tuntang dan kembali lagi ke Ambarawa. Yang menarik, kereta wisata menggunakan lokomotif diesel vintage yang menarik tiga kereta penumpang yang terbuat dari kayu.

Selain hari libur seperti liburan lebaran seperti sekarang, perjalanan kereta wisata dibuka pada hari Sabtu dan Minggu. Tiket kereta dapat dibeli langsung mulai pukul 08.00 pagi di loket pembelian yang tersedia di kawasan museum.

Naik Kereta Wisata

Wisatawan yang naik kereta wisata akan diajak menelusuri jalur kereta api yang sebenarnya sudah tidak aktif lagi. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan disuguhkan pemandangan alam pesawahan, gunung, dan perbukitan yang sangat indah.

Selain museum, pengunjung juga bisa menjelajahi museum. Di beberapa bagian museum, tepatnya di dinding bagian luar, kita bisa melihat beberapa foto stasiun Ambarawa pada zaman dulu.

Di pelataran museum, ada beberapa lokomotif yang dipajang. Lokomotif yang dipajang itu pernah beroperasi pada masa penjajahan. Anak-anak saya senang sekali bisa lihat kereta api kuno dari dekat. Bahkan bisa naik ke atasnya untuk berfoto.

Museum Kereta Api

Sebagai orang yang suka dengan bangunan bersejarah, saya senang sekali lihat bangunan museum Ambarawa. Bangunannya kokoh, tertata dengan baik meski sudah berumur hampir dua abad. Di sana kita juga bisa melihat pameran beragam teknologi dan peralatan perkeretaapian yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Siapa saja yang datang berkunjung ke museum Ambarawa pasti akan merasa nyaman karena fasilitasnya yang lengkap. Fasilitas umum yang ada di sana yaitu tempat parkir yang luas, musala, toilet, jalur khusus pengguna kursi roda, kereta pustaka, dan ruang audio visual.

Bagi yang ingin juga melihat kereta lokomotif kuno atau lokomotif uap bisa mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa yang berada di Jalan Stasiun nomor 1 Ambarawa, Semarang. Jam operasional museum ini sekitar pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Cara untuk menuju museum bisa melalui pintu tol Bawen. Dari pintu tol Bawen, menuju persimpangan lampu merah, lalu belok kanan dan kemudian ambil lajur kiri hingga ke Terminal Bawen. Dari terminal, belok kiri dan ikuti jalan hingga pertigaan Tugu Palagan Ambarawa. Kemudian belok kiri dan ikuti jalan hingga di Museum Kereta Api Ambarawa.

Museum Kereta Api Ambarawa

Nah, itulah salah satu tempat wisata favorit yang ada di kampung halaman bapak. Selain itu ada juga beberapa tempat wisata menarik di sekitar Ambarawa-Semarang yang bisa dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga. Jadi untuk sobat yang sedang berada di sekitar Ambarawa atau Semarang, silakan kunjungi Museum Kereta Api Ambarawa untuk melihat koleksi kereta api tua di sana, ya…


Have a Nice Day

Posting Komentar

0 Komentar