Mudik Lebaran 2024

Momen mudik rasanya sudah jadi tradisi masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Sebagian besar masyarakat memilih merayakan lebaran di kampung halaman mereka masing-masing. Saking menjadikan momen mudik sebagai sebuah tradisi, banyak orang yang mempersiapkan momen mudik mulai dari jauh-jauh hari.  

Dulu ketika simbah masih ada, bapak dan ibu selalu mengajak kami sekeluarga untuk mudik ke kampung halaman mereka. Namun setelah Simbah berpulang, momen mudik ini jadi jarang kami lalui.

Mudik Lebaran 2024


Termasuk lebaran 2024 kali ini, keluarga besar saya tidak pergi ke kampung halaman bapak dan ibu. Sebenarnya selain memang sudah tidak ada simbah yang akan menyambut kami lagi, alasan kami tidak mudik karena tahun lalu kami sudah melakukannya.

Tahun lalu, kebetulan rumah bapak jadi tempat berkumpulnya keluarga besar bapak dalam acara halalbihalal. Saudara yang tinggal di luar kota sengaja datang untuk bersilaturahmi. Termasuk kami yang tinggal di kota Bandung, sengaja mudik ke Ambarawa untuk bertemu handai taulan.

Rasanya ikut bahagia lihat bapak bertemu dengan saudara -saudaranya. Bahkan ada beberapa di antaranya yang tidak bertemu puluhan tahun. Alhamdulillah bapak masih bisa bertemu dengan saudara -saudaranya dalam keadaan sehat.

Tahun ini kondisi bapak mulai menurun. Beliau tidak kuat lagi berlama-lama dalam perjalanan. Atas dasar itu jugalah kami memutuskan untuk tidak mudik ke kampung halaman bapak dan memilih menjalankan hari lebaran di Bandung saja.

Meskipun hanya bisa berlebaran di Bandung saja, momen lebaran tetap terasa hikmat. Ibu dan bapak masih dikelilingi oleh anak, menantu dan cucunya. Rumah bapak dan ibu tetap terasa ramai karena kini cucu-cucunya mulai beranjak dewasa. 

Bagi keluarga pak suami, momen lebaran kali ini memang tidak sama dengan tahun sebelumnya. Bapak mertua sudah berpulang beberapa bulan yang lalu. Jadi suasananya memang tidak sama seperti dulu.

Ya, setiap orang memiliki kesan sendiri yang berhubungan dengan mudik. Saking berkesannya, mereka rela bermacet-macetan di jalan demi bisa berlebaran bersama keluarga di kampung halaman. 

Perjalanan mudik yang dilakukan serentak oleh banyak orang, tentunya bisa menimbulkan risiko tersendiri. Oleh karenanya kita harus memperhatikan mudik supaya aman dan nyaman selama di perjalanan.

Tips Mudik Lebaran yang Aman 

Dari tahun ke tahun jumlah pemudik mengalami peningkatan. 

Untuk itu perlu diperhatikan segala sesuatunya supaya perjalanan aman dan lancar. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan ke kampung halaman.

1. Menyiapkan Fisik yang Sehat

Persiapan fisik yang bugar dengan melakukan pola hidup sehat.  Perhatikan untuk makan makanan yang sehat, istirahat cukup dan mengonsumsi suplemen atau vitamin bila perlu.

Sebaiknya mengatur kembali pola tidur yang berubah selama Ramadan supaya tidak mengantuk di jalan.

2. Persiapkan Kondisi Kendaraan 

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan mudik, sebaiknya periksa kondisi kendaraan secara menyeluruh. Sebaiknya periksa semua komponen kendaraan seperti rem, oli, dan fitur keselamatan seperti air bag. 

Selain itu persiapkan juga peralatan untuk kendaraan seperti dongkrak, ban serep, tuas pembuka kunci roda, dan kabel jumper aki sebagai antisipasi jika ada hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

3. Berhenti dan Beristirahat Bila Lelah atau Mengantuk 

Sebaiknya jika merasa lelah mengantuk, berhenti dan beristirahat di rest area terdekat. Beristirahat yang cukup bisa memulihkan tubuh dan membantu untuk berkonsentrasi selama berkendara.

Itulah beberapa tips yang harus diperhatikan ketika akan melakukan perjalanan mudik lebaran. 

Selama ini kami sekeluarga melakukan perjalanan mudik menggunakan lebih dari satu mobil. Hal ini memerlukan persiapan yang lebih karena perjalanan dalam rombongan memerlukan ekstra kehati-hatian.

Semoga perjalanan mudik lebaran 2024 ini bisa berjalan dengan lancar dan aman.

Selamat mudik, semua!!!


Posting Komentar

0 Komentar