Tips Wisata ke Bandung Agar Liburan Menyenangkan

Sebagai warga kota Bandung tentu kami bangga karena kota kembang banyak memiliki alam yang indah, aneka pangan yang lezat, hawanya yang adem, dan warganya yang terkenal ramah. Tidak hanya itu, Kota Bandung juga menjadi pusat belanja untuk wisatawan yang berburu kuliner dan tren fashion.

Bisa dibilang Kota Bandung merupakan tempat tujuan wisata yang ideal. Karena hanya dalam tempo yang relatif singkat, Bandung bisa dijadikan tempat tujuan wisata bagi keluarga. Meskipun dengan kondisi tersebut kami harus rela ketika kota tempat tinggal kami banyak diserbu oleh wisatawan ketika masa liburan.

Kota Bandung menjadi semakin padat, tidak hanya di tempat wisata yang ada di sekitar Bandung tetapi jalanan di kota ini pun menjadi padat dengan kendaraan dari luar Kota Bandung. Kepadatan pun tidak hanya terlihat di dalam kota saja, daerah-daerah wisata yang ada di pinggir kota Bandung pun ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Tips Wisata ke Bandung Agar Liburan Menyenangkan

Tips Liburan Menyenangkan di Bandung

Tempat wisata di Bandung sangat beragam. Dari tempat wisata yang edukatif, wisata alam seperti Tahura yang menyejukkan mata, arena permainan yang memicu adrenalin, area spot foto yang instagramable hingga tempat wisata yang menyajikan budaya dan adat Sunda. Semua tempat wisata itu tersebar hingga ke pelosok Bandung.

Mengingat banyaknya tempat tujuan wisata yang bisa dinikmati bersama keluarga berada di daerah yang berjauhan satu sama lain dan keadaan jalanan kota kembang di musim liburan yang selalu padat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar liburan kita menyenangkan. Jangan sampai kita malah banyak menghabiskan waktu di jalan atau tidak bisa menikmati suatu kawasan wisata dengan maksimal.

Mari simak beberapa tips wisata ke Bandung supaya liburan bersama keluarga bisa lebih menyenangkan.

1. Mempersiapkan Itinerary

Hal pertama yang perlu dipersiapkan untuk menyiapkan liburan bersama keluarga yaitu membuat itinerary atau rencana perjalanan. Dengan membuat itinerary, liburan akan lebih tertata dan terencana dengan baik. Kita harus menentukan destinasi tempat wisata yang akan dituju dan jangka waktu kita berlibur agar liburan bisa lebih efisien dan tidak ada waktu yang terbuang.

2. Cari Tahu Tempat Wisata Menarik di Bandung

Mempersiapkan liburan yang menyenangkan juga bisa dengan cara mencari tahu tempat wisata yang paling menarik untuk dikunjungi. Bandung memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Supaya tidak bingung lebih baik cari tahu dan tentukan terlebih dahulu tempat tujuan wisatanya.

Tempat Wisata Bandung

3. Mencari Penginapan Terdekat

Lokasi tepat wisata di Bandung tersebar dari bagian selatan, utara, timur dan barat. Jarak tempuhnya pun tidak singkat. Untuk mempermudah bepergian dan menghemat waktu, sebaiknya memilih tempat menginap yang dekat dengan daerah tempat wisata.

4. Gunakan Transportasi yang Nyaman

Banyak pilihan yang bisa digunakan untuk menuju tempat wisata di Kota Bandung. Boleh saja menggunakan kendaraan pribadi kalau merasa lebih nyaman. Hanya saja perlu dipertimbangkan apabila melewati jalur yang padat dan terkenal macet, maka lebih baik pergi di waktu yang tepat. Bisa juga mempertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum seperti travel, bus, kereta api atau transportasi online. Pilihlah yang sesuai dengan budget yang sudah dipersiapkan.

5. Memulai Perjalanan Sedini Mungkin

Jalanan di Kota Bandung selalu penuh dengan kendaraan wisawatan dari luar kota. Sehingga setiap di akhir minggu atau di hari libur, jalanan kota selalu macet. Nah, untuk menghindari kemacetan yang bisa membuat liburan jadi tidak menyenangkan, sebaiknya mulai perjalanan menuju tempat wisata di pagi hari. Dengan begitu kita bisa menghindari macet di perjalanan.

6. Menikmati Aneka Kuliner Khas Bandung

Tidak lengkap rasanya kalau tidak menyicipi kuliner khas Bandung ketika kita liburan di kota kembang. Banyak kuliner yang memanjakan lidah dan wajib dicicipi. Berbagai pilihan kuliner yang bisa dinikmati dari mulai makanan berat hingga cemilan yang sayang apabila tidak dicicipi. Salah satu tempat makan favorit keluarga kami yaitu Cafe Pojok Tilu Tilu.

7. Berburu Oleh-oleh Bandung

Berburu oleh-oleh dari Kota Bandung juga jangan sampai terlewatkan. Membawa oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat sebagai tanda berbagi kebahagiaan selama liburan. Banyak jenis barang yang bisa diburu sebagai oleh-oleh seperti kue-kue khas Bandung, kaos, tas, pernik-pernik, dan masih banyak lagi.

Makanan khas Kota Bandung


Selain tips yang sudah dibahas, sebenarnya masih ada lagi hal penting yang perlu dilakukan agar liburan menyenangkan. Apakah sobat punya tips lainnya? Yuk, sharing di kolom komentar!

Have a Nice Day

Posting Komentar

12 Komentar

  1. Bandung memang selalu menjadi pilihan utk liburan. Dengan musim yang selalu ga menentu harus selalu bikin beberapa plan ya teh biar liburan tetap menyenangkan

    BalasHapus
  2. Diserbu wisatawan ya Bandung, makin ramai. Daya tarik tersendiri Bandung tuh yaaa. Dekeut dari Jkt dan nggak ada habisnya jajan san spot2 menarik. Pernah keretaan dan ngangkot tapi sebelum ada kereta cepat euy. Seruu.. penasaran Cafe Pojok 33

    BalasHapus
  3. Noted, Mbak. Saya memimpikan liburan ke Bandung nih. Sudah sangat-sangat lama gak liburan ke sana. Kangen deh. Semoga adaa rezeki lebih biar kami bisa liburan dan mencicipi kulineran di Bandung.

    BalasHapus
  4. Sekitar 15 tahun lalu saya tinggal di Bandung dan saat itu bawaannya malas kalo keluar rumah saat wiken..macetnya itu lhooo.. apalagi skrg ya mbaa. Jd udah bener bangey tips ini supaya main ke bandungnya enakeun. Hanupis mba..

    BalasHapus
  5. Sudah lama banget nggak ke Bandung terakhir kayaknya tahun 2010 yang lalu deh. Kalau sekarang Kayaknya sudah banyak banget tempat wisata di Bandung yang menarik untuk dikunjungi ya Semoga nanti aku bisa mengunjungi kota Bandung.

    BalasHapus
  6. Iyaa setuju tipsnya, baru-baru ini mamaku dan teman-teman pengajiannya naik Woosh terus jalan-jalan di Braga Alhamdulillah itinerary sederhana mereka bikin happy...

    BalasHapus
  7. Aku sudah sering ngajakin suamiku liburan ke Bandung, soalnya sudah lama banget loh aku nggak ke sana. Kayaknya terakhir tuh tahun 2015 atau 2016 apa yaaa. Tapi suamiku tuh nggak mau terus, katanya "nggak ngerti jalanan di Bandung, takut nyasar." Haha ya ampun alasannya gitu banget, yaaak. Padahal aku kangen liburan di Bandung lagi. Penginnya sih naik travel atau kereta saja. Semoga ada waktu dan rezekinya. Dengan persiapan matang, bikin itinerary, sewa penginapan dan cari tahu tempat wisata yang menarik, insya Allah liburan lancar.

    BalasHapus
  8. Udah lamaaa enggak main ke Bandung karena saudara sudah pindah. Maunya naik transportasi umum tapi angkot atau bus di Bandung kurang proper padahal kan udah cepet yah naik Whoosh trus lanjut eksplorasi Bandung.

    BalasHapus
  9. Aku kalau mau liburan gitu pasti selalu bikin itinerary dulu, termasuk sama keluarga. Mencari tempat wisata yang menarik tentunya, dan yang pasti harus ramah anak.

    BalasHapus
  10. kalau dulu masih di bandung seringnya ke ciater, gramedia atau bandung indah plaza sekarang bandung makin hebat makin banyak tempat wisata

    BalasHapus
  11. Iya juga yaa, teh.. Akutu kalau bepergian, jarang banget punya itinerary.
    Tapi kalau ke Bandung, kudu banget terencana dengan baik. Apalagi ke Bandungnya pas peak season yaa.. Jadi bisa jadi extend liburan demi bisa menikmati liburan seri di kota yang indah ini.

    BalasHapus
  12. Bandung selalu ngangenii apalgi suamiku kuliah di Bandung dulunya jd excited kuliner jaman kuliah di sana...bercerita ke anak istri gimana ayahnya dulu..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar ya...