5 Tantangan Pengasuhan Anak di Era Modern

Semua orang tua pasti ingin memiliki anak yang berkarakter baik, bukan? Untuk menciptakan anak yang berkarakter baik tentunya membutuhkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam mendidik anaknya. Saat ini sudah banyak orang tua yang sadar bahwa mengasuh anak itu tidak bisa sembarangan. Perlu pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam mengasuh anak-anaknya.

Diakui atau tidak, di era modern seperti sekarang ini, orang tua harus menghadapi banyak tantangan dalam menerapkan pengasuhan pada anaknya. Pengaruh kemajuan teknologi, perkembangan budaya dan perubahan sosial menjadi salah satu faktor yang memengaruhi pola asuh pada anak. Apa saja tantangan yang dihadapi orang tua di era modern ini?

5 Tantangan Pengasuhan Anak di Era Modern

Tantangan Mengasuh Anak di Era Modern

Pada praktik pengasuhan anak, orang tua akan menghadapi tantangan yang berbeda di setiap zamannya. Termasuk di era modern seperti sekarang ini. Tantangan yang dihadapi oleh orang tua sekarang tentunya berbeda dengan yang dihadapi oleh orang tua zaman dulu. Di era teknologi modern, orang tua akan menghadapi beberapa tantangan yang lebih kompleks, seperti berikut ini.

1. Teknologi dan Layar Digital

Berkembangnya teknologi di era modern sangat berpengaruh pada gaya pengasuhan untuk anak-anak. Era modern telah membawa paparan yang tinggi pada anak-anak terutama aspek teknologi dan digital. Oleh karenanya tantangan orang tua berhadapan dengan penggunaan perangkat digital. Orang tua diharapkan mampu mengontrol penggunaan perangkat elektronik untuk anak-anak dengan cara yang bijak.

2. Keseimbangan Antara Karier dan Keluarga

Tantangan lain yang dihadapi oleh orang tua dalam menerapkan parenting untuk anaknya di era modern yaitu mengatur keseimbangan antara karir dan keluarga. Di era ini banyak orang tua menjalankan karir mereka di luar rumah. Hal ini berdampak pada kuantitas waktu yang dihabiskan bersama keluarga. Maka dari itu, orang tua harus bisa menjaga keseimbangan pembagian waktu antara keluarga dan karirnya.

3. Perkembangan Nilai-nilai dan Budaya

Perkembangan teknologi yang begitu pesat berbanding lurus dengan perkembangan nilai-nilai dan budaya dalam masyarakat. Kondisi tersebut bisa berdampak juga pada penerapan parenting yang dilakukan oleh orang tua. Semua itu bisa diatasi dengan menjaga nilai dan budaya keluarga dengan baik.

4. Pendidikan dan Persaingan

Perkembangan teknologi digital yang berkembang pesat berpengaruh juga pada persaingan di bidang akademik. Hal ini bisa menciptakan tekanan ekstra pada anak. Oleh karena itu, orang tua dituntut untuk bisa membantu anak dalam menghadapi persaingan dan membuat mereka merasa nyaman.

5. Kesehatan Mental Anak

Di era sebelumnya, perbincangan masalah mental terkadang dianggap suatu hal yang memalukan atau dianggap aib yang perlu ditutupi. Namun di era modern seperti sekarang, masalah kesehatan mental sudah menjadi isu yang menjadi perhatian. Bahkan didukung dengan akses informasi yang makin berkembang, penanganan kesehatan mental kini dapat semakin mudah. Orang tua bisa lebih mudah mendukung kesehatan mental anak dalam hal mengatasi kecemasan, depresi atau stress. Apabila memang benar-benar diperlukan, orang tua tidak perlu ragu untuk berkonsultasi pada ahlinya.

Pengasuhan Anak yang Efektif di Era Modern

Tantangan-tantangan yang muncul di era modern ini tentunya perlu diatasi dan bisa dijadikan pijakan untuk mengambil langkah selanjutnya. Dalam menghadapi tantangan pengasuhan anak yang ada di era modern ini, orang tua dapat melakukan pendekatan efektif seperti berikut ini.

1. Membatasi Penggunaan Teknologi

Anak yang lahir dan tumbuh di era modern biasanya sudah mengenal teknologi sejak dini. Bahkan sebagian dari mereka lebih piawai dalam mengoperasikan gawai dibandingkan dengan orang tuanya. Dekatnya teknologi pada keseharian anak berdampak pada penggunaan gawai yang terus menerus. Kondisi tersebut apabila dibiarkan tentunya akan berdampak tidak baik.

Untuk menghindari kecanduan gawai pada anak, sebaiknya orang tua menerapkan pembatasan waktu penggunaan gawai. Batasi waktu anak berinteraksi dengan layar digital. Selain itu orang tua juga bisa mendampingi anak ketika menggunakan gawai dan memilih konten yang sesuai untuk mereka.

2. Luangkan Waktu Berkualitas Bersama Anak

Pendekatan pada anak bisa dilakukan dengan cara melalui komunikasi dan interaksi emosional yang asertif. Luangkan waktu berkualitas bersama anak untuk berinteraksi secara intensif. Ciptakan waktu yang berkualitas tanpa ada gangguan dari perangkat gawai apapun. Fokus lakukan komunikasi asertif bersama anak.

Pengasuhan Anak di Era Modern

3. Pelajaran Pendidikan Emosional

Mendampingi tumbuh kembang anak, bukan hanya sekedar memberikan mereka pengetahuan akademik saja. Namun orang tua juga perlu mengenalkan cara mengelola kesehatan mentalnya. Bimbing anak-anak untuk memperhatikan kesehatan mentalnya, cara bertahan menghadapi tantangan, cara bertahan menghadapi stress, belajar peduli dan memahami perasaan orang lain serta menghadapi situasi sulit yang bisa anak-anak hadapi. Tidak lupa untuk selalu memberi dukungan dan mendengarkan anak-anak ketika mereka menghadapi masalah.

4. Keseimbangan Antara Karier dan Keluarga

Bagi orang tua yang berkarir di luar rumah, mesti menjaga keseimbangan waktu untuk pengasuhan buah hati. Sebaiknya tidak membawa persoalan di tempat kerja ke rumah. Cari waktu yang tepat supaya bisa berkumpul bersama keluarga. Ciptakan momen berkualitas dengan keluarga untuk meningkatkan bonding dengan anak-anak.

5. Memperhatikan Pola Hidup Anak

Tidak hanya keseimbangan antara karir dan keluarga yang perlu mendapat perhatian. Pastikan juga anak-anak memiliki waktu seimbang antara waktu mencari ilmu dan kesempatan bermain serta bersantai. Ajarkan anak untuk mengelola waktu dengan baik dan memberi contoh pada mereka bagaimana mengelola waktu dengan bijak.

Pengasuhan Anak di Era Modern

Orang tua akan banyak menghadapi banyak tantangan dalam melakukan pengasuhan anak di era manapun juga. Yang membedakan pengasuhan anak di era modern ini adalah kompleksnya tantangan yang akan dihadapi oleh orang tua. Melalui pendekatan yang bijak dan asertif, orang tua akan lebih mudah ketika mengasuh tumbuh kembang anak-anaknya. Akan selalu ada ruang bagi orang tua dan anak untuk belajar dan beradaptasi dalam menghadapi perubahan yang terus berkembang di era modern. Maka dari itu, mari belajar menjadi orang tua yang selalu bisa beradaptasi dengan segala zaman.

Have a nice day

Posting Komentar

0 Komentar