Skincare Rutin untuk Ramadan Agar Kulit Sehat

Pola makan, minum, dan kebiasaan tidur selama bulan puasa berbeda dengan bulan lainnya. Perubahan pola hidup ini berpengaruh pada kesehatan kulit. Dengan begitu basic skincare-nya pun berbeda dengan produk perawatan kulit yang biasa dipakai.

Salah satu masalah kulit yang terjadi di bulan Ramadan yaitu kekurangan cairan atau dehidrasi. Kekurangan cairan ini berdampak pada kelembaban kulit. Kulit kita akan terasa lebih kering, kasar, bahkan bisa muncul garis halus. Itulah sebabnya kita disarankan untuk menjaga asupan cairan dengan minum air putih yang cukup selama berpuasa. Namun tidak cukup hanya perawatan dari dalam saja, kesehatan kulit pun perlu dihidrasi dari luar. Caranya dengan menerapkan basic skincare khusus selama Ramadan dengan beberapa produk pilihan.

Skincare Rutin untuk Ramadan Agar Kulit Sehat

Basic Skincare di Bulan Ramadan

Basic skincare yang selalu digunakan sehari-hari biasanya hanya memerlukan tiga tahapan saja, yaitu pembersih, moisturizer, dan sunscreen yang dipakai pada pagi hari. Namun untuk di bulan puasa, ada tambahan beberapa produk yang bisa menjaga kesehatan kulit dan tetap terhidrasi. Berikut ini basic skincare untuk Ramadan.

1. Pembersih Wajah

Pembersih wajah atau cleanser merupakan tahapan awal pada rangkaian basic skincare. Fungsinya untuk membersihkan kotoran dan minyak yang berlebih pada kulit wajah. Memilih cleanser pun harus disesuaikan dengan tipe kulit kita masing-masing. Untuk tipe kulit kering bisa memilih cleanser berbasis minyak. Sedangkan untuk tipe kulit berminyak disarankan memakai cleanser berbasis air. Dan untuk tipe kulit normal, bebas memilih cleanser jenis apa saja, tetapi disarankan untuk memilih yang oil based cleanser karena lebih lembut dan memberi hidrasi lebih banyak pada kulit.

Gunakan pembersih muka sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Hindari terlalu sering mencuci muka karena akan menghilangkan minyak alami kulit dan membuat wajah jadi tambah kering.

2. Eye Cream (krim mata)

Produk skincare rutin untuk Ramadan yang kedua yaitu eye cream. Kulit yang ada di sekitar mata cenderung lebih tipis dan sensitif. Kerutan halus sering muncul di area sekitar mata ini, sehingga dibutuhkan perawatan ekstra dalam merawatnya.

Eye cream ini merupakan produk skincare yang bermanfaat untuk melembabkan sekaligus menutrisi kulit area mata. Kulit akan bertambah halus dan terhindar dari mata panda atau dark circle. Selain itu memakai eye cream bisa mengurangi tanda penuaan dini seperti kerutan halus.

3. Pelembab (Moisturizer)

Pelembab wajah atau mointurizer merupakan basic ckincare yang tidak boleh dilewatkan. Bahkan untuk pemilik kulit berminyak pun, pelembab dibutuhkan untuk menjaga kulit wajah terhidrasi dengan baik. Manfaat memakai moisturizer ini tidak hanya melembabkan tetapi juga membuat kulit lebih halus, kenyal, dan sehat.

Untuk yang memiliki tipe kulit kering, sebaiknya menggunakan pelembab wajah berupa cream atau balm. Dan bagi kulit berminyak, disarankan untuk memilih moisturizer yang konsistensinya lebih cair dan ringan seperti gel.

4. Sunscreen (Tabir Surya)

Tabir surya atau sunscreen berfungsi melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Sebaiknya memilih sunscreen yang memberikan perlindungan ganda atau broad spectrum karena bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Suncreen yang memiliki perlindungan UVA ditandai dengan adanya label PA dan tanda plus (+). Semakin banyak tanda plus itu, maka semakin tinggi level perlindungannya. Sedangkan untuk menandakan produk memiliki perlindungan UVB terdapat label SPF. Sebaiknya kita memilih sunscreen dengan minimal SPF 30 atau lebih supaya mencegah terjadinya sunburn.

5. Lip Balm

Tidak hanya kulit wajah yang membutuhkan perawatan, bibir juga perlu mendapatkan perawatan supaya tidak kering dan pecah-pecah selama puasa. Lip Balm merupakan produk yang dapat melembabkan sekaligus menutrisi bibir.

Penggunaan lip balm ini bisa digunakan kapan saja, terutama ketika bibir terasa kering. Sebaiknya tidak membasahi bibir dengan ludah karena malah membuat bibir bertambah kering saat sedang berpuasa.

6. Sheet mask

Untuk membuat kulit tetap sehat, segar, lembab, dan kenyal sebaiknya menggunakan sheet mask 2-3 kali dalam seminggu. Sebaiknya memilih sheet mask yang mengandung bahan untuk menghidrasi seperti Hyaluronic Acid, alpukat atau Ceramide untuk menjaga skin barrier kulit dan membuatnya lebih lembut. Bisa juga memilih sheet mask dengan ginseng, kolagen, pomegranate untuk menjaga keremajaan kulit.

Untuk saat ini sudah tersedia beragam skincare yang bisa kita pakai untuk merawat kesehatan kulit selama berpuasa. Banyaknya produk skincare yang beredar di pasaran seringkali membuat kita bingung mengenai produk yang harus dipilih. Poin penting yang harus diperhatikan saat mau memilih skincare bisa dimulai dari mengenali jenis kulit kita dan masalah yang terasa di kulit sendiri. Selanjutnya baru kita cari produk yang sesuai dengan anggaran.

Theraskin Rekomendasi Skincare untuk Ramadan

Para pakar dermatologi merekomendasikan Theraskin untuk memenuhi kebutuhan kulit kita. Brand ini sudah ada sejak tahun 2011 dengan rangkaian produk skincare dan bodycare yang efektif, aman, dan halal dengan harga yang bersahabat di kantong.

Mengapa Theraskin direkomendasikan oleh pakar dermatologi?

1. Didampingi Dokter Kulit dalam Pengembangannya

Semua produk Theraskin dikembangkan bersama dokter kulit supaya terjamin efektivitasnya. Produk ini diformulasikan dengan teknologi terkini agar tekstur produk bisa bekerja dengan optimal.

2. Varian Produk yang Lengkap

Ragam produk Theraskin sesuai dengan jenis kulit kita yang mengalami keluhan minyak dan jerawat, kusam dan flek, penuaan dini, dan kulit kering serta sensitif. Berawal dari keluhan pasien dari dokter dermatologi, brand ini menyediakan produk yang tepat untuk masalah kulit kita.

3. Produk Tersertifikasi

Kita bisa aman dan nyaman menggunakan Theraskin karena semua produknya teregistrasi BPOM dan bersertifikasi halal.

4. Harga Terjangkau

Produk Theraskin bisa kita dapatkan dengan harga terjangkau dan bisa diakses dengan mudah secara online melalui official marketplace-nya. Selain itu bisa juga memperoleh produk melalui reseller resminya.

Kulit Tetap Sehat Selama Ramadan

Menjaga kesehatan kulit penting dilakukan meski sedang menjalani ibadah puasa. Kulit yang sehat dan terawat itu bisa mencerminkan disiplin dan kepedulian diri untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Perawatan kulit yang utuh dan menyeluruh bisa membantu kita tampil lebih segar, cantik dan bercahaya selama Ramadan.

Perawatan kulit wajah saat Ramadan bisa dilakukan dengan cara mengurangi aktivitas di luar ruangan saat matahari sedang bersinar terik. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih, makan sayur dan buah-buahan di waktu berbuka dan sahur di kemudian hari. Tidak ketinggalan menggunakan skincare untuk perawatan kulit lebih maksimal.
 
Salam takzim

Posting Komentar

0 Komentar