Pola Hidup Sehat Untuk Mewujudkan Badan Sehat

Siapapun ingin punya tubuh sehat hingga menua nantinya. Begitu juga dengan saya. Ingin rasanya bisa menikmati hidup dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Memiliki tubuh sehat dan pikiran yang sehat, kesejahteraan dan kualitas hidup tentunya bisa meningkat.
Untuk menjaga kesehatan ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Kita bisa mewujudkannya dengan menerapkan pola hidup sehat.

Pola Hidup Sehat Untuk Mewujudkan Badan Sehat

Langkah Mudah Memulai Hidup Sehat

Pola hidup sehat merupakan sebuah komitmen jangka panjang untuk menjaga atau melakukan beberapa hal supaya bisa mendukung fungsi tubuh sehingga berdampak baik untuk kesehatan. Menerapkan gaya hidup sehat ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pola hidup ini harus disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, tingkat aktivitas fisik, dan kebiasaan makan.

Berikut ini cara memulai pola hidup sehat untuk mewujudkan badan sehat.

1. Bijak Memilih Makanan

Makanan yang dimakan tentunya berpengaruh pada kerja tubuh kita. Oleh karenanya sebaiknya kita memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi setiap hari untuk mewujudkan pola hidup sehat.

Perhatikan makanan yang akan kita konsumsi dan pastikan memenuhi prinsip gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, dan serat.

Selain kandungan gizinya, sebaiknya perhatikan juga porsi makanan kita. Memperhatikan porsi makanan sangat penting untuk mencegah kegemukan dan terserang penyakit yang berbahaya. Karena semua yang berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan.

Juga harus diperhatikan cara mengolah makanan yang akan disajikan. Sebaiknya mengolah makanan dengan cara dikukus, direbus, atau ditumis. Kurangi makanan yang diolah dengan cara digoreng.

2. Olahraga Teratur

Olahraga itu intinya membuat tubuh kita aktif setiap hari. Tidak harus jogging atau pergi ke gym. Lakukan saja berbagai jenis olahraga yang paling disukai untuk menerapkan pola hidup sehat.

Untuk yang suka bersepeda, berenang, atau jalan santai, terus lakukan dengan aktif. Dengan bergerak aktif kalori yang mengendap dalam tubuh akan terbakar. Selain itu bergerak aktif dapat membantu mengalirkan oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaga tubuh tetap sehat.

Tidak perlu beralasan tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga bagi pekerja kantoran. Kita masih bisa berolahraga dengan melakukan aktivitas sederhana untuk membuat tubuh tetap bergerak. Misalnya saja berjalan dari halte bus menuju kantor atau menggunakan tangga ketimbang naik lift atau eskalator. Kita juga bisa meluangkan waktu untuk sekedar turun tangga atau berjalan-jalan sebelum dan sesudah makan siang.
Perubahan kecil dalam rutinitas sehari-hari dapat membantu kita lebih aktif berolahraga.

3. Banyak Minum Air Putih

Seperti telah kita ketahui bersama, tubuh kita sekitar 60% tubuh kita terdiri dari air. Setiap hari cairan yang ada dalam tubuh akan terus berkurang melalui keringat dan urine.

Itulah alasan penting untuk mempertahankan asupan air ke dalam tubuh kita supaya terhindar dari dehidrasi.
Sebaiknya bawa botol minum ke mana saja. Selain itu sediakan juga air putih di meja kerja atau kamar tidur

4. Menjaga Kualitas Tidur

Memperhatikan asupan makanan dan rajin berolahraga tidak akan bisa membuat tubuh sehat maksimal ketika kita kurang tidur. Karena tidur ini merupakan kebutuhan paling mendasar supaya tubuh kita sehat.

Tidur yang berkualitas bisa jadi pondasi terbentuknya tubuh dan pikiran yang sehat. Menurut National Sleep Foundation, durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah sekitar 7-9 jam setiap malam.

5. Hindari Stres

Sistem dalam tubuh akan merespon dengan cara yang berbeda-beda ketika kita stres. Hindari stres karena stres dapat berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Lebih baik untuk menenangkan diri sambil ambil napas dalam-dalam dan embuskan dengan perlahan. Lakukan berulang kali supaya kita tambah rileks.

Selain itu, kita juga dapat menghindari stress dengan melakukan aktivitas lain yang disenangi seperti mendengarkan musik, membaca buku, menonton film, dan lain sebagainya. Dengan begitu, diri kita bisa terasa nyaman. Penting juga untuk banyak bersyukur supaya pikiran dan hati tetap tenang. Kesehatan rohani juga bisa memengaruhi kesehatan secara fisik secara keseluruhan.

6. Mengurangi Asupan Gula

Salah satu pola hidup sehat yang dapat mewujudkan badan sehat yaiu mengurangi asupan gula. Karena asupan gula yang terlalu banyak dapat memicu penyakit diabetes. Yang dikhawatirkan penyakit diabetes ini memicu tubuh jadi lebih rentan terkena berbagai penyakit kronis lainnya. Oleh karena itu lebih baik mulai mengurangi gula secara perlahan.

Menerapkan pola hidup sehat  sangat penting dilakukan untuk mendukung fungsi tubuh sehingga berdampak pada kesehatan tubuh. Selain itu, menjaga hidup sehat dapat mencegah tubuh terjangkit penyakit dan meningkatkan kualitas hidup. 

Semoga bermanfaaat.


Posting Komentar

0 Komentar