Rutin Service Motor Agar Performanya Selalu Baik

Keluarga saya tinggal di Kota Bandung yang jumlah kendaraannya nyaris sama dengan jumlah penduduknya. Menurut Dinas Perhubungan Kota Bandung, jumlah kendaraan di Bandung yaitu 2,2 juta unit kendaraan. Sedangkan jumlah warga Bandung yaitu 2,4 juta orang. So melihat kemacetan di beberapa sudut kota kembang ini sudah menjadi hal yang biasa.

Untuk menghindari kemacetan di jalan dan menghemat pengeluaran, keluarga saya memilih menggunakan motor untuk beraktivitas di dalam kota. Terutama kedua anak saya yang membawa motor sendiri untuk melakukan aktivitas ke kampus dan sekolah. Dan tugas pak suami selalu mengingatkan anak-anak untuk bertanggung jawab atas kendaraan mereka masing-masing.

Rutin Service Motor Agar Performanya Selalu Baik

Anak lanang saya seperti ayahnya yang apik dalam hal perawatan kendaraan. Sedangkan putri saya, seperti emaknya, hanya bisa pakai tapi gak ngerti tentang perawatannya. Akibatnya jadi suka kena omel pak suami, deh! Hehehe

Padahal penggunaan motor itu lumayan sering kami lakukan. Karena motor dipakai terus menerus semestinya harus mendapat perhatian khusus, dengan rutin perawatan.  Lalu kapan waktu yang tepat untuk service motor?

Tips Menentukan Waktu Service Motor

Service dibutuhkan supaya motor bisa berjalan dengan maksimal dan mencegah turunnya kinerja mesin. Ada beberapa kondisi yang membantu kita untuk menentukan waktu terbaik melakukan service motor.

1. Lakukan Perawatan Dua atau Tiga Bulan Sekali

Kita harus benar-benar memperhatikan perawatan kendaraan terutama yang rutin digunakan sehari-hari. Motor perlu dibawa ke bengkel untuk diberi perawatan setiap dua atau tiga bulan sekali. Service atau perawatan ini diperlukan agar komponen yang ada di motor terawat dan tidak mengalami kerusakan.

2. Merujuk Data pada Speedometer

Waktu yang tepat untuk melakukan service motor juga bisa dilihat berdasarkan angka atau data yang ada di speedometer. Ada angka yang menunjukkan jarak yang sudah ditempuh oleh motor kita. Sebaiknya kita membawa motor ke bengkel untuk diservice setelah jarak tempuhnya sejauh 2.000 hingga 3.000 kilometer.

3. Segera Service ketika ada Masalah

Ketika kita merasa ada yang tidak normal pada kendaraan kita, maka segera bawa ke bengkel untuk di-service. Jika dibiarkan berlarut-larut malah bisa mendatangkan bahaya.

Nah, itulah waktu yang tepat sebagai petunjuk ketika kita harus melakukan service motor. Pak suami juga sering mengingatkan anak-anak untuk selalu merawat bagian motor yang penting. Apalagi kami punya pengalaman tidak menyenangkan akibat lalai melakukan perawatan motor.

Apa Saja yang Harus Diperiksa Secara Rutin?

1. Mengganti Oli Mesin

Salah satu motor milik kami sampai harus turun mesin karena terlambat ganti oli mesinnya. Sebenarnya pak suami sudah mengingatkan berulang kali, tapi anak-anak beralasan tidak punya waktu. Setiap hari sekolah atau kuliah sampai sore hari.

Akibatnya semua kena omel pak suami, deh! Terutama anak yang pakai motor itu hehehe. Padahal pak suami sudah berkali-kali mengingatkan bahwa oli mesin berguna untuk pelumas, pendingin dan pelindung mesin. Kalau tidak pakai pelumas dan tidak diberi pelindung, mesinnya bisa rusak. Berdasarkan masukan dari beberapa bengkel, pak suami meminta kami rajin ganti oli motor matic saat sudah mencapai 2500 km.

Namun belakangan ini, sudah ada pabrikan atau retailer otomotif yang merekomendasikan penggantian hingga 5000 km atau dua kali lebih lama dari oli biasa. Mereka berani merekomendasikan itu karena oli yang dipasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Oleh karenanya retail ini mengklaim bisa 2 kali dari oli biasa, sebab memang merupakan base oil tertinggi di kelas oli.

2. Kampas Rem

Bagian penting di motor yang perlu mendapat perhatian lainnya yaitu kampas rem. Ya, pastinya keamanan dan keselamatan berkendara itu menjadi hal paling penting. Terjaganya kondisi rem yang baik bisa menghindari kecelakaan. Jika kampas rem sudah tipis, biasanya rem pun jadi kurang pakem dan ini bisa membahayakan keselamatan. Oleh karenanya, kampas rem harus selalu diperiksa setiap melakukan service motor.

3. Filter Udara

Motor milik anak perempuan saya pernah terasa tidak nyaman dipakai karena filter udaranya kotor. Bagian filter udara ini penting sekali karena menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran sehingga tidak ada kotoran yang masuk dan bisa menyumbat injeksi dan karburator.  Untungnya filter udara masih bisa dibersihkan dan tidak perlu diganti dengan yang baru. Alhamdulillah.

4. Busi

Yang tidak kalah pentingnya yaitu memeriksa kondisi busi. Komponen yang satu ini fungsinya mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Motor akan sulit dinyalakan apabila businya tidak berfungsi dengan baik. Jadi memeriksa busi itu penting sekali.

5. Rutin Memeriksa Ban

Memeriksa ban juga sangat penting. Bahkan hal pertama yang mesti dilakukan sebelum berkendara adalah memeriksa kondisi bannya terlebih dahulu. Apabila kita membawa motor untuk diservice, biasanya mekanik akan memeriksa secara detil seperti memeriksa tekanan udaranya, kondisi ban secara keseluruhan dan sebagainya.


Saat melakukan pemeriksaan semua komponen motor, adakalanya perlu melakukan ganti oli mesin, oli gardan atau penggantian komponen lainnya. Di tempat service motor yang tepercaya, perbaikan akan dilakukan oleh mekanis setelah melakukan konfirmasi terlebih dahulu pada pemilih motor. Jadi perbaikan atau service motor akan dilakukan apabila sudah ada persetujuan dari pemilik motor. Aman, bukan?

Apa ada rekomendasi tempat service motor yang tepercaya? Ada, dong! Salah satu bengkel yang bisa diandalkan yaitu Planet Ban. Kebetulan ada bengkel Planet Ban yang berjarak sekitar 800 m saja dari tempat tinggal kami. Jadi untuk urusan service bisa lebih mudah, deh!

Planet Ban memang bisa diandalkan untuk melakukan perawatan motor karena pengguna bisa merasakan motornya seperti memakai mesin baru. Service motor rasa baru ini dikenal juga sebagai sistem service terpadu. Jenis perawatan motor ini bertujuan untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cepat dan biaya lebih hemat.

Fokus perawatan yang menggunakan sistem service terpadu ini terletak pada pemeriksaan dan perbaikan di bagian vital yang jarang diservice, yang letaknya tersembunyi, atau jarang dicek serta disetel rutin.

Mengapa Harus Service Motor di Planet Ban?

Ada beberapa alasan yang membuat Planet Ban sebagai tempat service motor yang diandalkan.

  1. Untuk meningkatkan performa motor dan melindungi mesin, Planet Ban menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi. Dengan begitu, mesin jadi lebih awet dan jarang rusak.
  2. Menggunakan spare part asli sehingga penggunaan menjadi lebih nyaman, aman, tahan lama, mesin dingin dan tarikannya pun ringan.
  3. Biaya perawatan lebih hemat karena tidak perlu terlalu sering mengganti oli. Kita bisa mengganti oli antara 4-6 bulan sekali atau ketika motor mencapai jarak tempuh 5000 km.
  4. Service di Planet Ban, motor akan kembali kelihatan bersih. Karena tidak ada lagi kotoran, debu dan sisa pembakaran yang tertinggal di bagian mesin. Semua dibersihkan hingga blok CVT supaya motor bisa terasa ringan.
  5. Motor yang dirawat di Planet ban akan dibersihkan seluruh bagian part mesinnya sehingga seperti baru. Komponen motor seperti kepala silinder, blok CVT, piston, klep mesin, throttle body akan dibersihkan dari sisa-sisa pembakaran, kotoran dan debu, sehingga mesin terlihat seperti baru.
  6. Mesin motor yang terasa baru, tarikannya akan terasa lebih enteng, lebih hemat BBM, mesin bersih total dan emisi pun bisa turun lebih dari 70%.
  7. Hemat biaya perawatan motor. Untuk service motor injeksi, kita cuma mengeluarkan biaya Rp. 20.000 saja. Sedangkan service CVT termasuk rantainya, biayanya Rp. 19.500 dan biaya service throttle body sebesar Rp. 20.000

Dari beberapa poin tersebut, kita bisa melihat jika Planet Ban memang tepercaya untuk melakukan service motor. Kita bisa merasakan kinerja motor rasa baru.

Service motor di Planet Ban

Rutin Melakukan Service Supaya Mesin Terasa Baru

Penting sekali memperhatikan perawatan kendaraan terutama bagi kami yang rutin menggunakan motor untuk aktivitas sehari-hari. Kendaraan yang selalu terawat dengan baik akan nyaman ketika dipakai. Oleh karenanya penting untuk memperhatikan waktu yang tepat untuk service motor, memperhatikan komponen penting yang butuh perawatan rutin dan tempat service yang tepercaya. Kondisi kendaraan layak pakai tentunya dapat menghindari kecelakaan, bukan?

Bagaimana dengan teman jalan jajan? Sudahkah rutin melakukan service motor?

Have a nice day

Posting Komentar

15 Komentar

  1. Hihi... saya pun tahunya pakai aja mbak, urusan pemeliharaan, perawatan serahkan pada suami.
    Wah ternyata di planet ban bisa servis motor juga ya, kirain sesuai namanya, cuma urusan jual berbagai macam ban aja

    BalasHapus
  2. Setuju pakai banget!
    Motor juga kayak cinta. Perlu dirawat! Catat!
    Aku menjadi saksi betapa PakSu sangat telaten merawat motor.
    Jadilah motor awet, padahal dibeli sejak tahun 2009.

    Btw,
    Plane ban juga ada lho di Balikpapan.
    Aku pernah mendaftar untuk ikut kempennya, tapi belum lolos kayaknya. Bahahaha.
    Belum rezeki, Moenah!

    BalasHapus
  3. Anak lanang apik ya. Alhamdulillah karena ada jg yg tidak apik mba😄
    Aku jg termasuk yg pakai aja nih. Nyuci jg kadang #ehh. Planet Ban terjangkau ya mba, jadi servis motor langganan ksitu aja

    BalasHapus
  4. Namanya kendaraan bermotor, memang sudah wajib banget melakukan perawatan ya mbak. Apalagi kalau kita gunakan setiap hari, agar lebih nyaman juga jika motornya dalam keadaan prima.

    BalasHapus
  5. Sekarang aku selalu rekomendasikan planet ban ke suami dan anak-anakku untuk servis motor, selain terpercaya harganya juga sangat terjangkau. Untung di tempatku planet ban sudah ada.

    BalasHapus
  6. Aku nih biasanya setiap bulan servis Mio :) Cek ban, ganti oli mesin dan gearbox dll. Jangan sampai kelupaan nanti khawatir ada sparepart yang misalkan sudah harus diganti, eh malah dipaksa bekerja terus, motor jadi rusak deh. Pakai alarm aja supaya ga terlewat jadwal servisnya hihihi. Bagus sekali Panet Ban ini montirnya berpengalaman, produk2nya juga asli dengan harga terjangkau.

    BalasHapus
  7. Dulu aku cenderung cuek untuk service motor. Jadi lebih tahunya pakai aja. Untuk servis motor di urus suami. HEhehe. Tapi sekarang jadi tercerahhkan untuk rajin service motor. Hhee. Bener minimal 2 bulan sekali

    BalasHapus
  8. memang apapun yang rutin dilakukan servis pasti akan awet dan tahan lama ya, salah satunya motor harus diservis secara rutin

    BalasHapus
  9. Bener banget sih Teh kalau rajin service rasanya motor itu jadi terasa lebih enteng. Suaranya juga halus. Seperti baru keluar dari dealer aja gitu. Hehe...

    BalasHapus
  10. Service rutin motor itu penting banget. Hari ini saya service motor dan kaget banget. Rupanya banyak yang harus diganti, termasuk block CVTnya dan filter udaranya.

    BalasHapus
  11. Urusan kek gini tu dulu aku ga mau mikir pomoknya tau make aja suami yg ngurus smua sampe qkhirnya merasakan mpgok di jalan baru deh pelan2 belajar memahami kalo mesin juga perlu perawatan berkala hehehe

    BalasHapus
  12. Sama Mbak aku juga termasuk yang suka males servis motor kecuali udah bener-bener parah rusaknya. Untung sekarang ada suami yang suka ngingetin dan ngecek kondisi motor masih enak apa nggak dipakainya. Hehe

    BalasHapus
  13. Yang namanya servis kendaraan apalagi motor emang kudu rutin dilakukan ya supaya menjaga mesinnya tetap bekerja dengan baik dan body-nya juga terawat.
    Mengecek kendaraan di Planet Ban adalah salah satu solusi ya mbak krn ternyata biayanya terjangkau tapi ternyata layanannya udah lengkap. TFS infonya.

    BalasHapus
  14. Motor memang harus diservis secara rutin ya
    Biar performanya tetap awet
    Jadi bisa segera dipakai

    BalasHapus
  15. Kalau masalah service motor, jujur aku masih serahkan ke bapakku Mak ahahaha. Tapi kalau dariku, yang selalu aku perhatikan tuh performa ban. 2 minggu sekali tuh maksimal banget jadwalin pompa ban biar nggak gampang bocor. Dulu sampe berkali2 bocor pas belum aku jadwalin gini. Alhamdulillah tahun ini sama sekali enggak ada kebocoran.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar ya...